ANALISIS RISIKO SUKU CADANG PADA ENGINE DAIHATSU 6 DSM-26L KM. DHARMA KENCANA BERDASARKAN KLASIFIKASI KONSEKUENSI STANDART NORSOK Z-008 EDITION 3 2011

Ibrahim, Malik (2023) ANALISIS RISIKO SUKU CADANG PADA ENGINE DAIHATSU 6 DSM-26L KM. DHARMA KENCANA BERDASARKAN KLASIFIKASI KONSEKUENSI STANDART NORSOK Z-008 EDITION 3 2011. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0321140079 - Malik Ibrahim - Analisis Risiko Suku Cadang pada i Engine _i Daihatsu 6 DSM-26L KM.DHARMA KENCANA Berdasarkan Klasifikasi Konsekuensi Standar i Norsok _i Z-008 i Edtion _i 3 2011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Engine Daihatsu 6DSM 26L adalah Engine Penggerak utama di kapal KM. Dharma Kencana. Kapal ini melayani rute pelayaran Pelabuhan Paciran Lamongan – Pelabuhan Garonkong Makassar. Karena merupakan Engine penggerak utama maka memliki peranan yang sangat penting, untuk itu dibutuhkan suku cadang dengan kehandalan dan ketersediaan yang cukup serta program perawatan yang sesuai. Oleh sebab itu, dibutuhkan program yang tepat untuk masing masing suku cadang berdasarkan tingkat kekritisannya. Melalui metode klasifikasi konsekuensi standar Norsok Z-008 didapatkan hasil bahwa beberapa suku cadang memiliki tingkat konseskuensi High, Menengah, dan termasuk suku cadang kategori Captial / Operasional sehingga didapatkan Program perawatan secara Preventive Maintenance yaitu Suku Cadang Crankpin Bearing, Main Bearing, Ring Piston, Intake Valve dan Exhaust Valve, sehingga dibutuhkan Suku cadang dengan stok minimum di site dan suku cadang tambahan lainnya di gudang pusat. Sedangkan Suku cadang Nozzle, Oring W. Joint, Packing Cyl. Head, dan Oring Cyl. Liner memiliki tingkat konseskuensi Low atau rendah dan termasuk dalam kategori Consumable dan termasu program perawatan Corrective Maintenance. Suku Cadang dengan Jumlah stok minimum di site dan Jumlah stok sedikit tambahan digudang pusat. Berdasarkan perhitungan didapatkan selisih antara perhitungan biaya saat mengalami kegagalan dan biaya dengan perhitungan berbasiskan realibility adalah sebesar Rp. 7.668.134.716. Dengan menggunakan metode program perawatan berbasiskan kehandalan pada Suku cadang Engine Daihatsu 6DSM KM. Dharma Kencana, Perusahaan dapat menekan Biaya perawatan rata rata per-tahun hingga 95,99% atau 5,38% dari biaya penggantiaan saat terjadi kegagalan suku cadang

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7100/D4ME-21/2023 Lokasi TA : 817
Uncontrolled Keywords: Kehandalan, Klasifikasi Konsekuensi, Norsok Z-008, Realibility
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:59
Last Modified: 15 Jan 2024 02:59
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5342

Actions (login required)

View Item View Item