PERANCANGAN SISTEM PERAWATAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA SISTEM BAHAN BAKAR (FUEL OIL SYSTEM) KAPAL TB. BLORO 10

Amin, Mukhsin Al (2023) PERANCANGAN SISTEM PERAWATAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA SISTEM BAHAN BAKAR (FUEL OIL SYSTEM) KAPAL TB. BLORO 10. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0319040066 - Mukhsin Al Amin - Perancangan Sistem Perawatan Menggunakan Metode i Reliability Centered Maintenance _i (RCM) pada Sistem Bahan Bakar ( i Fuel Oil System _i ) Kapal TB. Bloro 10.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Main Engine merupakan salah satu kompartemen penting dikapal yang letaknya pada kamar mesin. Memiliki fungsi sebagai penggerak propulsi dan sebagai mesin penggerak utama kapal. Dengan posisi yang sangat penting itu, penjadwalan perawatan pada Main Engine sangatlah penting untuk dilakukan. Karena bila main engine ini sampai tidak berjalan, maka akan terjadi tidak beroperasinya sistem propulsi pada kapal tersebut dan sudah pasti akan sangat merugikan pihak pemilik kapal. Tugas Akhir ini berusaha menjawab tuntutan tersebut dengan cara membuat jadwal perawatan untuk sistem bahan bakar main engine. Selain itu biaya total operasi yang terdiri dari biaya running, maintenance, dan downtime juga akan menjadi pertimbangan dalam menentukan waktu perawatan. Pada penelitian ini dilakukan penjadwalan perawatan main engine dengan menggunakan reliability centered maintenance yang digunakan untuk memilih, mengembangkan, dan membuat alternatif strategi perawatan berdasarkan kriteria operasional, ekonomi dan keamanan. Berdasarkan analisa kegagalan menggunakan Failure Mode Effect Analysis teridentifikasi kegagalan beberapa komponen seperti pada fuel injection pump (drive shaft aus , plunger governor aus , fuel gear pump kurang pelumasan ) , injector nozzle ( tip nozzle rusak , seal burrel plunger , performa M/E tidak maksimal ) , gate valve ( nut valve sulit dioperasikan , disk valve ada kebocoran , gasket pada valve ) , fuel oil transfer pump ( keausan bearing , impeler pompa korosi , shaft korosi ) , swing cek valve (disk valve berkerak , gasket valve) , fuel filter ( fuel filter kotor ) , quick closing valve ( disk valve berkerak , gasket valve ). Dari hasil perhitungan biaya diketahui strategi perawatan dengan preventive maintenance menghasilkan biaya yang lebih kecil dibandingkan dengan corrective maintenance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7098/D4ME-19/2023 Lokasi TA : 815
Uncontrolled Keywords: Main Engine , Reliability Centered Maintenance , Keandalan , preventive maintenance , dan srategi perawatan.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:22
Last Modified: 12 Jan 2024 08:22
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item