ANALISIS PERFORMA SISTEM PROPULSI PADA KAPAL SELF PROPELLER OIL BARGE (SPOB) AKIBAT PERGANTIAN GEARBOX.

Yozam, Wendhy (2023) ANALISIS PERFORMA SISTEM PROPULSI PADA KAPAL SELF PROPELLER OIL BARGE (SPOB) AKIBAT PERGANTIAN GEARBOX. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0319040063 - Wendy Yozam - Analisis Performa Sistem Propulsi pada Kapal i Self Propeller Oil Barge _i (SPOB) Akibat Pergantian i Gearbox _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada tugas akhir ini dilakukan analisis performa sistem propulsi pada kapal SPOB. Sultan Samudera. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dalam kesalahan pemilihan atau penentuan pada gearbox maupun engine lainnya. Metode yang digunakan yaitu Engine Propeller Matching dan Speed Power Prediction yang akan dibandingkan dengan laporan sea trial. Perhitungan tahanan kapal dilakukan secara manual dengan menggunakan metode Holtrop dengan kecepatan 10 knots, hasil engine propeller matching digunakan untuk mengetahui Match Point yang didapatkan, berdasarkan perhitungan tahanan yang didapatkan nilai tahanan kapal Rt = 91,045 Kn. Kebutuhan daya yang didapatkan 1658,000 HP pada 2 Main Engine yang digunakan dan 817,694 HP per engine berdasarkan main engine yang telah ditentukan. Kemudian di dapat tipe Propeller yaitu Ka 4-70 dengan P/Db 1,100 meter dan efisiensi propeller (η) 0,561, propeller tidak kavitasi dan match point pada kondisi rough hull terhadap Gearbox Rasio 7,42:1 terjadi pada 88,96% pada 1900 rpm sedangkan pada Gearbox Rasio 5:1 kondisi rough hull terjadi pada 290,74% pada 1900 rpm, kemudian pada kondisi Speed Power Prediction yang dibandingkan dengan Sea Trial ”Melawan Arus” pada kecepatan 8,8 knot didapatkan titik temu pada pada 1600 rpm pada 8,1 knots, sedangkan pada Gearbox Rasio 5 : 1 dengan kecepatan 8,8 knot didapatkan titik temu pada putaran engine 1160 rpm pada 6,4 knot dengan hasil Sea Trial yang diketahui, sehingga Gearbox Rasio 7,42:1 cukup mendekati dari data aktual yang dimiliki oleh perusahaan dengan perhitungan yang didapatkan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7096/D4ME-19/2023 Lokasi TA : 813
Uncontrolled Keywords: SPOB, Metode Holtrop, Gearbox, EPM, Diameter Propeller, Speed Power Prediction, Sea Trial.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:54
Last Modified: 12 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5338

Actions (login required)

View Item View Item