ANALISIS PENGARUH TIPE NOZZLE DAN TIP CLEARANCE TERHADAP KINERJA DARI PROPELLER K-SERIES DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Kurniawan, Mohamad Eko (2023) ANALISIS PENGARUH TIPE NOZZLE DAN TIP CLEARANCE TERHADAP KINERJA DARI PROPELLER K-SERIES DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0319040060 - Mohamad Eko Kurniawan - Analisis Pengaruh Tipe i Nozzle _i dan i Tip Clearance _i Terhadap Kinerja dari i Propeller K-Series _i dengan menggunakan Metode i Computational Fluid Dynamic (CFD) _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Gelombang yang ditimbulkan akibat dari putaran baling-baling adalah permasalahan yang cukup serius dikarenakan dapat mengancam keselamatan dari kapal lain yang berlayar disekitarnya, ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 52 tahun 2012 pasal 84. Hal tersebutlah yang membuat pihak owner untuk tidak menggunakan main engine yang berkapasitas besar tetapi menghasilkan gaya dorong yang maksimal. Banyak inovasi yang dikembangkan dalam industry perkapalan misalnya penggunaan sistem propulsi waterjet dan azipod namun hal tersebut dirasa kurang efektif dikarenakan biaya maintenance yang tinggi. Sehingga industri perkapalan berinovasi dengan menerapkan teknologi ducted propeller. Dalam penelitian Tugas Akhir ini akan dilakukan uji simulasi aliran fluida pada propeller dengan variasi nozzle 19A dan 37 serta variasi tip clearance sebesar 20 mm, 30 mm, 40 mm, 50 mm, 60 mm. Analisis ini dilakukan dengan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk mendapatkan nilai thrust, torque, dan efisiensi. Berdasarkan hasil simulasi, Semakin kecil Tip clerence maka nilai thrust dan torque yang dihasilkan semakin besar yakni 61567 N dan 13049 Nm pada model dengan tip clearance 20 mm. Sehingga pada kondisi tersebut adalah kondisi paling baik. Kemudian, semakin besar nilai thrust atau torque maka kinerja dari propeller semakin bagus pada penelitian ini didapatkan nilai thrust terbesar yakni 61567 N dan torque terbesar yakni 13049 Nm pada tipe nozzle 37. Sehingga, propeller memiliki kinerja bagus saat dipasangkan dengan nozzle 37. Untuk efisiensi, semakin besar nilainya, maka akan semakin baik kinerja pada propeller dengan tipe nozzle dan tip clearance yang direkomendasikan adalah nozzle 37 dan tip clearance 20 mm dengan nilai efisiensi terbesar yakni pada nilai J 0,6 sebesar 0,686.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7093/D4ME-19/2023 Lokasi TA : 810
Uncontrolled Keywords: CFD, ducted propeller, torque, thrust, tip clearance.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:13
Last Modified: 12 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item View Item