ANALISIS KELELAHAN NEW PROPELLER KAPLAN K4-70 SERIES PADA KAPAL TUGBOAT 1000 HP MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Fauzan, Muhammad (2023) ANALISIS KELELAHAN NEW PROPELLER KAPLAN K4-70 SERIES PADA KAPAL TUGBOAT 1000 HP MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0319040044 - Muhammad Fauzan - Analisis Kelelahan i New Propeller Kaplan K4-70 Series _i pada Kapal i Tugboat _i 1000 HP Menggunakan Metode i Computational Fluid Dynamics _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fungsi dari kapal tugboat adalah untuk menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas dan sungai atau terusan. Propeller yang digunakan seharusnya memiliki umur sesuai dengan jadwal docking yaitu 5 tahun. Namun propeller mengalami kerusakan sebelum kapal melakukan docking. Pihak owner melakukan pemesanan propeller jenis baru dengan tipe Kaplan K4-70 series. Pembebanan yang diberikan hasil contour pressure pada software CFD di-running dengan menggunakan variasi putaran propeller. Metode FEM untuk mendapatkan Hot Spot Stress dengan menggunakan tegangan yang terjadi yaitu tegangan von mises (equivalent stress). Kurva S-N untuk menganalisis hasil dari nilai tegangan dan siklus. Setelah itu dapat dicari nilai dari fatigue life propeller itu sendiri. Dari hasil penelitian ini terdapat pengaruh nilai thrust dan torque pada setiap variasi dimana dari hasil running diperoleh nilai terbesar pada 198,53 rpm pada 18601,503 N dan 3810,881 Nm dan 234,24 rpm pada 41563,213N dan 6585,7302 Nm. Pengaruh variasi putaran propeller terhadap nilai thrust dan torque adalah semakin besar putaran propeller maka akan semakin besar nilai thrust dan torque juga. Letak tegangan von misses untuk setiap variasi adalah pada root back blade baling- baling. Tegangan/tegangan maksimum yang terjadi pada baling-baling adalah 198,53 rpm pada 12,07 Mpa, 238,24 rpm sebesar 34,646 Mpa dan untuk 357,35 rpm sebesar 97,393. Pengaruh pembebanan bahwa semakin besar nilai rpm/ beban maka semakin besar nilai stress (Von-Misses) yang dihasilkan. Umur pakai baling-baling adalah 198,53 rpm dengan umur pakai 300 hari selama 25,865 tahun. Untuk 238,24 rpm selama 22,43 tahun dan untuk 357,35 rpm selama 14,57 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7080/D4ME-19/2023 Lokasi TA : 797
Uncontrolled Keywords: kaplan K4-70 series, CFD, FEM, hotspot stress, fatigue
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:48
Last Modified: 12 Jan 2024 02:48
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item