DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR KONTRUKSI KAPAL PATROLI 13 METER MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM)

ROSID, RAHMAT (2023) DESAIN DAN ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR KONTRUKSI KAPAL PATROLI 13 METER MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD (FEM). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0319040043 - Rahmat Rosid - Desain dan Analisis Kekuatan Struktur Kontruksi Kapal Patroli 13 Meter Menggunakan i Finite Element Method _i (FEM).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses menjaga keamanan dan maintenance aprroach lighting system (ALS) pada wilayah bandara di Natuna yang dibangun ditepi pantai Natuna. Maka diperlukan sebuah kapal patroli yang dapat memenuhi kriteria dalam segi kekuatan struktur kapal untuk bermanuver dengan baik dan menerima beban internal maupun eksternal. Kemampuan struktur yang diijinkan aman menurut rules BKI untuk kapal berbahan fiberglass reinforced plastic (Biro Klasifikasi Indonesia, 2021). Dimana dalam keadaan pembebanan slamming akan dianalisis apakah cukup aman pada kekuatan struktur kontruksi pada kapal patroli 13 meter yang dapat timbul pembebanan akibat operasional kapal pada area sekitar bandara tersebut. Perhitungan awal adalah menghitung scantling dengan berat scantling sebesar 2.226 ton kemudian menggambar kontruksinya sesuai dengan linesplan dan general arrangement kapal patroli 13 meter. Dilanjut dengan pemberian beban static dari pembebanan slamming sebesar 15.237 KPa pada saat kapal dalam keadaan full speed 20 knot untuk mengetahui respon dari kontruksi kapal berbahan FRP. Nilai yang dianalisis berupa tegangan maksimum (von mises) dengan menggunakan Finite Element Method (FEM) dengan analisis static structural dan pembebanan slamming berupa pressure pada software sebagai metode yang dipilih pada penelitian ini. Selanjutnya memunculkan nilai tegangan pada software ANSYS, nilai tegangan maksimum yang terjadi pada kontruksi sebesar 13.808 MPa, dari nilai tegangan maksimum tersebut dapat dilakukan perhitungan nilai safety factor untuk mengetahui seberapa aman kontruksi kapal jika diberikan pembebanan berupa beban slamming pada kapal. Nilai safety factor pada penelitian ini adalah sebesar 7.097. Dari nilai safety factor diketahui bahwa kapal masih mampu menerima beban slamming dalam kondisi full speed kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7079/D4ME-19/2023 Lokasi TA : 796
Uncontrolled Keywords: Kapal Patroli, Scantling, Beban Slamming, Tegangan
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:38
Last Modified: 12 Jan 2024 02:38
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item