ANALISIS PENGARUH MULTI-FEEDSTOCK BIODIESEL TERHADAP PERFORMA FOUR-STROKE DIESEL ENGINE DENGAN VARIASI PISTON

AS’ARY, MUHAMMAD FARUQ (2023) ANALISIS PENGARUH MULTI-FEEDSTOCK BIODIESEL TERHADAP PERFORMA FOUR-STROKE DIESEL ENGINE DENGAN VARIASI PISTON. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0319040029 - Muhammad Faruq As'ary - Analisis Pengaruh i Multi-Feedstock _i Biodiesel terhadap Performa i Four-Stroke _i Diesel Engine dengan Variasi Piston.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan bahan bakar alternatif terbarukan menjadi prioritas untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Biodiesel muncul sebagai pilihan menjanjikan, dihasilkan dari minyak nabati dan lemak hewani. Penelitian dilakukan untuk menghasilkan dua jenis biodiesel dengan campuran bahan baku yang berbeda. Pada penelitian tersebut, dua jenis biodiesel multi-feedstock dibuat. Multi-feedstock biodiesel 1 menggunakan kombinasi minyak sawit, minyak jelantah, dan lemak sapi, sedangkan Multi-feedstock biodiesel 2 terdiri dari minyak sawit, minyak jagung, dan minyak kelapa. Campuran ini kemudian dicampurkan dengan Pertamina Dex dalam berbagai perbandingan, yaitu B20, B35, dan B100. Dalam rangka menguji performa biodiesel ini, pengujian dilakukan pada mesin diesel empat langkah dengan varian piston flat dan piston LSCS. Pengujian dilakukan dengan variasi beban (1000 Watt, 2000 Watt, dan 3000 Watt) serta variasi putaran mesin (900 rpm, 950 rpm, 1000 rpm, dan 1050 rpm). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik biodiesel yang dihasilkan dan dampaknya terhadap performa mesin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa biodiesel MFB1-B100 dan MFB2-B100 memenuhi standar SNI dalam hal titik nyala, angka setana, nilai kalor, densitas, dan viskositas. Dalam hal performa mesin, piston LSCS dengan penggunaan biodiesel MFB2- B20 menghasilkan daya sebesar 1,740 kW. Torsi tertinggi dicapai oleh piston LSCS dengan biodiesel MFB2-B20, yakni 15,83 Nm. Selain itu, pengujian menunjukkan bahwa nilai gsfc (generator specific fuel consumption) terendah diperoleh oleh piston LSCS dengan penggunaan biodiesel MFB2-B20, yaitu sebesar 510,71 gr/kWh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 7067/D4ME-19/2023 Lokasi TA : 784
Uncontrolled Keywords: LSCS chamber, Multi-feedstock biodiesel, four stroke diesel engine, Flat piston
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2024 00:41
Last Modified: 12 Jan 2024 00:41
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item