PERENCANAAN TATA LETAK BANTALAN DOCKING KAPAL MOTOR PENDARAT LCT HERLIN IV

Mahfud, Junaedy (2014) PERENCANAAN TATA LETAK BANTALAN DOCKING KAPAL MOTOR PENDARAT LCT HERLIN IV. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

LCT HERLIN IV adalah sebuah kapal milik PT Herlin Samudera Line yang sudah waktunya annual survey atau perbaikan yang dilakukan setiap tahun pada tanggal ulang tahun antara Pembaharuan Kelas. Maka dari itu dibutuhkan sarana pengedokan seperti floating dock dan dibutuhkan sebuah perencanaan bantalan sebagai penyangga kapal tersebut supaya kapal dapat direparasi di atas air atau dok. Dalam perencanaan ini dibutuhkan proses pengumpulan data - data kapal seperti gambar Lines plan, General Arrangement, dan berat kapal. Dalam perhitungan perencanaan jumlah blok berdasarkan beban kapal dan disesuaikan dengan gambar lines plan, sedangkan untuk menentukan jarak antar blok secara melintang berdasarkan ukuran dari center line ke girder, dan untuk tinggi blok penumpu mengikuti bentuk dari lambung kapal. Melalui proses tersebut, dengan perhitungan displasement kapal didapat beban kapal sebesar 115,4 Ton, dan banyaknya jumlah blok penumpu yang dibutuhkan adalah 116 buah. Selain itu, diketahui jarak antara blok penumpu melintang berdasarkan dari center line ke girder 1 yaitu 1800 mm dan girder 1 ke girder 2 yaitu 2400 mm. Kata kunci : Rencana docking, Blok penyangga. LCT Herlin IV is a ship owned by PT Herlin Samudera Line is it time annual surveys or improvements made each year on the anniversary date of the Renewal Class. Thus the necessary facilities such as floating dock and needed a plan for pads such as a buffer vessel so that the vessel can be repaired on the water or dock. In this planning process of data collection is needed such as Lines plan of the ship, General Arrangement, and the weight of the ship. In the calculation of the number of blocks based load planning and adjusted to the lines plan, while the distance between the blocks to determine the cross section based on the size of the center line to the girder, and to block high leverage following the shape of the hull. Through this process, the calculation obtained displasement ship load is 115.4 tons, and the number of blocks needed leverage is 116 pieces. In addition, note the distance between the laverage block based on the center line transverse to girder 1 is 1800 mm and from the girder 1 to girder 2 is 2400 mm. Keywords: Docking Plan, pads.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2018 03:56
Last Modified: 24 Aug 2018 03:56
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item