ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN JARAK GADING KAPAL PADA STRUKTUR GELADAK MUATAN KAPAL LST (LANDING SHIP TANK) UNTUK MENDAPATKAN DESAIN OPTIMAL

Anggorojati, Muhammad Risky (2023) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN JARAK GADING KAPAL PADA STRUKTUR GELADAK MUATAN KAPAL LST (LANDING SHIP TANK) UNTUK MENDAPATKAN DESAIN OPTIMAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0119040058 - Muhammad Risky Anggorojati - Analisis Pengaruh Perubahan Jarak Gading Kapal pada Struktur Geladak Muatan Kapal LST ( i Landing Ship Tank _i ) untuk Mendapatkan Desain Optimal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembaruan regulasi BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) terdapat perubahan pada perhitungan konstruksi yaitu jarak gading. Dimana pada regulasi BKI terbaru perhitungan jarak gading telah dihapuskan, dan digantikan dengan jarak gading tetap yaitu 600 mm atau jarak gading yang telah dibiasakan. Sedangkan pada regulasi LR (Llyod’s Register) perhitungan jarak gading di berlakukan karena dapat mempengaruhi konstruksi itu sendiri, seperti kekuatan konstruksi, berat kontruksi, dan pemilihan bagian-bagian konstruksi kapal. Dari permasalahan tersebut penulis melakukan perbandingan nilai tegangan maksimal dan berat konstruksi pada pada kapal LST (Landing Ship Tank) dengan variasi jarak gading 600 mm dari BKI dan variasi jarak gading 500 dan 700 mm dari LR . Pengujian dilakukan dengan dua metode yaitu perhitungan manual dan analisis menggunakan software. Hasil pengujian dari dua metode dibandingkan untuk mendapatkan koreksi di bawah 2% sebagai batas validasi perhitungan maupun analisis. Dari hasil perbandingan untuk jarak gading 500 mm mendapatkan koreksi 0,451%, jarak gading 600 mm 1,296%, jarak gading 700 mm 0,076%. Sedangkan dari hasil analisa dan perhitungan dengan variabel tegangan maksimum dan berat konstruksi desain optimal terjadi pada jarak gading 700 mm dengan berat kontruksi 55.619 ton, tegangan maksimum 30.069 Mpa, dan safety factor 8.314

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6993/D4DC-19/2023 Lokasi TA : 717
Uncontrolled Keywords: Perubahan Jarak Gading, Tegangan, Optimasi Desain, Sagging Hogging
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:40
Last Modified: 10 Jan 2024 07:40
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item