ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI BULKHEAD AKIBAT PENGARUH RAS / FAS SYSTEM

Prayoga, Alan Wahyu (2023) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI BULKHEAD AKIBAT PENGARUH RAS / FAS SYSTEM. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0119040021 - Alan Wahyu Prayoga - Analisis Kekuatan Konstruksi i Bulkhead _i Akibat Pengaruh i Ras _i _ i Fas _i i System _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam merancang kapal, konstruksi harus sesuai dengan fungsi dan karakteristik kapal untuk mendistribusikan beban yang ada. Pada pembangunan kapal BRS, beberapa variasi konstruksi Bulkhead direncanakan untuk dapat dilakukanya RAS (Replenishment At Sea) / FAS (Fueling At Sea) System. Analisis kekuatan konstruksi bulkhead akibat RAS/FAS system dilakukan menggunakan software Ansys berbasis Finite Element Methods. Nilai tegangan akibat RAS/FAS System memiliki distribusi merata. Hasil analisis menunjukkan bahwa variasi desain 1 dan 2 memiliki tegangan tertinggi pada RAS post, masing-masing sebesar 20,164 MPa dan 42,636 MPa dengan analisis software dan dengan perhitungan masing-masing sebesar 20,42 MPa dan 42,26 MPa. Sementara tegangan pada FAS post pada desain variasi 1 dan 2 memiliki tegangan masing- masing sebesar 10,55 MPa dan 33,30 MPa. Sedangkan dengan analisis software pada masing- masing mendapatkan hasil sebesar 10,541 MPa dan 33,376 MPa. Nilai safety factor pada RAS variasi 1 sebesar 10,21 dan pada FAS 19,54 dan variasi 2 sebesar 4,83 dan pada FAS sebesar 6,17 Kedua variasi desain memenuhi batas tegangan izin BKI yaitu 202,93 MPa dan memenuhi nilai safety factor yang ditentukan yaitu minimal 2, menandakan keduanya aman digunakan. Artinya kedua variasi aman untuk digunakan. Alternatif desain yang terpilih adalah variasi 1 karena memiliki tegangan yang lebih kecil dari variasi 2 dengan material SS400 yang memiliki profil L melintang berjumlah 3 buah, profil L memanjang berjumlah 4 buah, dan Web Frame profil berjumlah 1 buah berada ditengah bulkhead. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalan pemilihan konstruksi RAS Post.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6964/D4DC-19/2023 Lokasi TA : 688
Uncontrolled Keywords: Replenishment at Sea ,Fueling at Sea, BRS, konstruksi.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:23
Last Modified: 09 Jan 2024 07:23
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5246

Actions (login required)

View Item View Item