ANALISIS TINGKAT KELAIKLAUTAN KAPAL TRADISIONAL PENCALANG DI SELAT MADURA

Rosanti, Ajeng Adelea (2023) ANALISIS TINGKAT KELAIKLAUTAN KAPAL TRADISIONAL PENCALANG DI SELAT MADURA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0119040001 - Ajeng Adelea Rosanti - Analisis Tingkat Kelaiklautan Kapal Tradisional Pencalang di Selat Madura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Kapal pencalang adalah kapal kayu yang akan digunakan sebagai kapal wisata untuk dioperasikan di perairan Selat Madura, khususnya area sekitar jembatan Suramadu. Perlu diketahui di perairan tersebut memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi yang salah satunya disebabkan oleh kondisi cuaca. Selain itu, belum ada kajian tentang tingkat kelaiklautan pada perairan tersebut. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dilakukan analisis yang meliputi keamanan dan kenyamanan kapal dengan pembebanan penuh dalam 3 gerakan vertikal yaitu, heaving pitching, dan rolling dengan variasi arah datang gelombang 0°, 90°, dan 180° pada kecepatan dinas yaitu 8 knot dengan menggunakan software Motion kapal untuk mengetahui respons gerak. Hasil yang dapat disimpulkan dalam tugas akhir ini yaitu berupa presentase operabilitas kapal berdasarkan kriteria seakeeping menurut Olson 1978 adalah 99.65% operable dan 0.35% downtime untuk kriteria Olson 1978. Sementara untuk kriteria NORDFORSK 1987 adalah 92.16% operable dan 7.84% downtime. Tingkat kenyamanan pada kapal pencalang diwakili oleh nilai MSI yang telah diatur dan didapatkan nilai Moderate untuk variasi arah datang gelombang 0° dan 180° serta Severe untuk arah datang gelombang 90°, selain itu juga dapat disimpulkan ketinggian gelombang operasional yang diizinkan dan aman untuk kapal beroperasi pada perairan Selat Madura yaitu 1,38 meter menurut kriteria Olson 1978 dan 0.86 meter menurut kriteria NORDFORSK 1987.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6948/D4DC-19/2023 Lokasi TA : 672
Uncontrolled Keywords: Motion Sickness Incidence (MSI), Operabilitas, Seakeeping.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:33
Last Modified: 09 Jan 2024 01:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item View Item