ANALISIS STABILITAS TERHADAP PENAMBAHAN FUNGSI KAPAL BARGE CSD (CUTTER SECTION DREDGER) MENJADI KAPAL KONTAINER

Alviolita, Vina Putria (2023) ANALISIS STABILITAS TERHADAP PENAMBAHAN FUNGSI KAPAL BARGE CSD (CUTTER SECTION DREDGER) MENJADI KAPAL KONTAINER. Diploma thesis, Politeknik perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0120030024 - Vina Putria Alviolita - Analisis Stabilitas Terhadap Penambahan Fungsi Kapal i Barge CSD (Cutter Section Dredger) _i Menjadi Kapal Kontainer.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kapal merupakan alat transportasi yang penting di Indonesia karena 2/3 dari wilayah Indonesia sendiri adalah lautan. Untuk mengoptimalkan fungsinya modifikasi diambil sebagai pilihan. Salah satunya seperti Kapal Barge CSD yang ditambahkan fungsinya menjadi kapal kontainer. Hal tersebut dapat mempengaruhi berat kapal dan stabilitas kapal. Oleh karena itu, perlu analisa stabilitas menggunakan software autocad dan maxsurf. Data yang diperlukan diantaranya gambar linesplan, gambar rencana umum, gambar konstruksi, berat dan titik berat kapal kosong sebelum ada perubahan dan perhitungan DWT. Setelah dilakukan pergantian muatan kontainer berat kapal dari 994 ton menjadi 929 ton. Kemudian nilai titik berat secara vertical (VCG) berubah menjadi 3,903 m yang diukur terhadap baseline sedangkan titik berat secara horizontal (LCG) menjadi 19,283 terhadap midship. Menurut peraturan di dalam International Convention on Load Lines 1966 jarak vertikal minimal kapal dengan pajang 40 meter untuk freeboard adalah 334 mm, dari hasil tersebut nilai lambung timbul (freeboard) 0,54 m memenuhi ketentuan dari International Convention on Load Lines 1966. Setelah dilakukan analisis terjadi perubahan muatan kontainer sesuai dengan criteria dari rules IMO MSC.267 (85) Part B maka hasil analisis pada Kondisi 1 diperoleh GZ = 0,536 m. Kondisi 2 diperoleh GZ = 2,514 m. Kondisi 3 diperoleh GZ = 0,584 m. Kondisi 4 diperoleh GZ = 2,468 m. Kondisi 5 diperoleh GZ = 2,812 m Maka seluruh kondisi sudah memenuhi stabilitas positif berdasarkan criteria dari rules IMO MSC.267 (85) Part B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6938/D3DC-20/2023 Lokasi TA : 662
Uncontrolled Keywords: Modifikasi, Barge, Container Barge, Stability
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:26
Last Modified: 08 Jan 2024 07:26
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5221

Actions (login required)

View Item View Item