ANALISIS PENAMBAHAN KONSTRUKSI MEMANJANG PADA KAPAL TONGKANG 300FT DITINJAU DARI LIGHTSHIP DAN FREEBOARD

Putra, Fandi Anzalna (2023) ANALISIS PENAMBAHAN KONSTRUKSI MEMANJANG PADA KAPAL TONGKANG 300FT DITINJAU DARI LIGHTSHIP DAN FREEBOARD. Diploma thesis, Politeknik perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0220030029 - Fandi Anzalna Putra - Analisis Penambahan Konstruksi Memanjang pada Kapal Tongkang 300ft Ditinjau dari i Lightship _i dan i Freeboard _i -1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tongkang merupakan suatu jenis kapal yang memiliki lambung datar atau biasa disebut kotak besar yang mengapung. Karena peruntukannya untuk mengangkut barang, maka tongkang juga harus memiliki konstruksi yang memadai untuk menunjang beban yang diangkut. Pada kasus ini, kapal tongkang bermuatan batu bara mengalami patah pada bagian tengah dikarenakan mengalami kesalahan saat memuat batu bara. Kondisi kapal yang kandas pada posisi tengah (midship) kemudian di muat oleh batu bara menggunakan conveyor pada haluan dan buritan kapal sehingga terjadi kondisi seperti hogging dan hingga menyebabkan patah. Oleh karena itu untuk menyelamatkan kapal dari kejadian serupa dilakukan penambahan konstruksi memanjang pada tongkang tersebut, penambahan konstruksi ini berarti penambahan pada lightship yang membuat draft kapal naik dan mengakibatkan tinggi dari freeboard berkurang. Hasil analisis dari tugas akhir ini penambahan berat sebesar 18,59 ton, diperoleh tinggi draft baru sebesar 4,274 meter, dari draft sebelumnya yaitu 4,27 meter. Freeboard kapal tongkang 300ft ini berubah menjadi 1,225 meter yang semula 1,242 meter. Ukuran freeboard setelah mengalami penambahan konstruksi memanjang belum memenuhi regulasi International Convention on Load Line 1966, untuk Summer dan Fresh Water karena minimum freeboard adalah sebesar 1241,4 mm dan 1142,6 mm. Sehingga dilakukan penyesuaian terhadap muatan agar memenuhi. Penyesuaian dilakukan dengan mengurangi muatan kapal sebesar 0,49% sehingga ukuran freeboard berubah menjadi 1243,3mm yang berarti memenuhi regulasi International Convention on Load Line 1966 untuk Summer dan Fresh Water

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris :7018/SB-20/2023 Lokasi TA :401
Uncontrolled Keywords: Kapal Tongkang, Konstruksi Memanjang, Freeboard, Draft
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:44
Last Modified: 30 Oct 2023 03:44
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5202

Actions (login required)

View Item View Item