ANALISIS CRANKSHAFT DEFLECTION PADA KAPAL KM. XXX MENGGUNAKAN FINITE ELEMEN METHOD

Narta, Aulia Robbani Dwi (2023) ANALISIS CRANKSHAFT DEFLECTION PADA KAPAL KM. XXX MENGGUNAKAN FINITE ELEMEN METHOD. Diploma thesis, Politeknik perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0220030016 - Aulia Robbani Dwinarta - Analisis i Crankshaft Deflection _i pada Kapal KM. XXX Menggunakan i Finite Element Method _i -2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kapal merupakan salah satu transportasi yang digunakan dilautan atau perairan. Banyak sekali jenis kapal di negara kemaritiman ini. Banyak aspek yang mempengaruhi dan harus di perhatikan dalam merancang sebuah kapal yang baik, yaitu perencanaan lambung yang baik, perhitungan olah gerak kapal yang baik, dan khususnya pada engine sebagai penunjang transportasi laut. Pada sebuah kapal Crankshaft/poros engkol menjadi suatu komponen utama dalam suatu mesin pembakaran dalam. Crankshaft harus terbuat dari bahan yang kuat dan mampu menahan beban atau momen yang kuat karena crankshaft harus menerima putaran mesin yang tinggi.Berbagai metode analisis tegangan untuk keperluan perancangan elemen mesin telah banyak tersedia, salah satunya menggunakan metode elemen hingga (FEM).Oleh Karena itu dalam penyelesaianTugas Akhir ini, metode yang digunakan adalah metode elemen hingga dengan input 3D modeling Crankshaft beserta kondisi pembebanannya pada software Finite Element Method. Hasil analisis dapat diketahui dari beban yang diberikan sebesar 1385 N dengan variable mesin induk pada saat kondisi rpm 100% , 85%, dan 60% sedangkan deformasi maksimum yang terjadi adalah 2.793e-003 mm dengan nilai defleksi limit izin sebesar 0,026 mm. Dari hasil penelitian pada poros engkol dari satu manufaktur yaitu poros engkol 2200 rpm, 1895 rpm, dan 1600 rpm dengan Static struktural didapat beberapa Dari hasil analisis software ANSYS nilai tegangan pada kondisi maksimal (Rpm 100%) sebesar 18,445 MPa dan deformasi sebesar 0,002793 mm (Rpm 100%) sebesar 18,445 MPa dan deformasi sebesar 0,002793 mm (Rpm 85%) sebesar 18,275 MPa dan deformasi sebesar 0,0027188 mm (Rpm 60%) sebesar 18,36 MPa dan deformasi sebesar 0,0027557 mm

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris :7010/SB-20/2023 Lokasi TA :393
Uncontrolled Keywords: Crankshaft, Defleksi, Tegangan, FEM
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Inspeksi Kapal (Ship Inspection)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:29
Last Modified: 27 Oct 2023 07:29
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5194

Actions (login required)

View Item View Item