MODIFIKASI TIPE KAPAL LANDING CRAFT TANK (LCT) KE WORKSHIP UNTUK BEROPERASI DI AREA BLOK MAHAKAM DITINJAU DARI STABILITAS KAPAL

Al A’rofi, Muchammad Athoillah (2023) MODIFIKASI TIPE KAPAL LANDING CRAFT TANK (LCT) KE WORKSHIP UNTUK BEROPERASI DI AREA BLOK MAHAKAM DITINJAU DARI STABILITAS KAPAL. Diploma thesis, Politeknik perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0220030005 - Muchammad Athoillah Al A'rofi - Modifikasi Tipe Kapal i Landing Craft Tank _i (LCT) Ke i Workship _i untuk Beroperasi di Area Blok Mahakam ditinjau dari Stabilitas Kapal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Blok Mahakam merupakan sebuah lapangan minyak dan gas potensial yang terletak di lepas pantai Kalimantan timur yang mampu mencapai 30% produksi gas nasional. Perusahaan minyak dan gas mempunyai salah satu aturan terhadap Perusahaan yang bekerja sama dibidang pelayaran yaitu jika kapal yang berusia 20 tahun, maka kapal tidak bisa beroperasi di area blok Mahakam, akan tetapi Perusahaan pelayaran memodifikasi tipe kapal landing craft tank (LCT) ke workship supaya dapat beroperasi kembali. Adanya modifikasi tipe kapal tersebut terjadi 2 penambahan perlengkapan pada kapal yaitu spudcan dan foldable marine crane yang mempengaruhi perubahan pada gambar General Araangement, berat (W), titik berat (G) dan stabilitas kapal. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah general arrangement, gambar konstruksi, Spudcan dan Foldable marine crane untuk mengetahui berat dan titik berat kapal kosong dengan menggunakan metode post – per - post. Perhitungan berat kapal kosong yang dihasilkan pada sebelum kapal di modifikasi adalah 135,246 ton dengan VCG 1849,249 mm dari baseline dan LCG 11341,79 mm dari AP, sedangkan berat kapal setelah di modifikasi 149,041 ton dengan VCG 1907,861 mm dari baseline dan LCG 11547,85 mm dari AP. Selanjutnya dilakukan pemodelan pada maxsurf modeller guna mendapatkan surface kapal sesuai data yang ada, pada tahap berikutnya menggunakan maxsurf stability untuk menentukan nilai stabilitas pada 4 kondisi muatan yang berbeda. Hasil analisis yang diperoleh pada semua muatan telah memenuhi kriteria berdasarkan IMO A. 749 (18) “ Intact stability for All Types Ships ”

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris :7002/SB-20/2023 Lokasi TA :385
Uncontrolled Keywords: Stabilitas , Titik berat kapal (G), Maxsurf.
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:35
Last Modified: 27 Oct 2023 03:35
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item