PREDIKSI KEANDALAN UNDERGROUND PIPELINE FOR FUEL HYDRANT SYSTEM TERHADAP KELELAHAN (FATIGUE) MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO

Adam, Gemah Zentrinda (2023) PREDIKSI KEANDALAN UNDERGROUND PIPELINE FOR FUEL HYDRANT SYSTEM TERHADAP KELELAHAN (FATIGUE) MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO. Diploma thesis, Politeknik perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0819040049 - Gemah Zentrinda Adam - Prediksi Keandalan i Underground Pipeline for Fuel Hydrant System _i terhadap Kelelahan i (Fatigue) _i Menggunakan Metode i Monte Carlo _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fuel Hydrant System digunakan sebagai sistem pendistribusian bahan bakar pesawat dengan mengalirkan bahan bakar dari storage tank yang berada pada Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) ke setiap area parkir pesawat. Sebagian besar pembangunan fuel hydrant system DPPU menggunakan underground pipeline. Pipeline dirancang pada temperatur 140°F, menggunakan NPS 16”, API 5L Grade B schedule STD untuk mengalirkan fluida Jet-A1. Line number 31-16"- JA-AU-201 dan 32-16"-JA-AU-201 dianggap critical berdasarkan kriteria perusahaan. Mengacu pada dokumen critical line berdasarkan diameter pipa dan temperatur fluida yang mengalir, kedua jalur tersebut dikategorikan dalam critical line grade B. Nilai tegangan dan keandalan pada kedua jalur tersebut menjadi objek yang akan dianalisis dalam penelitian ini. Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis tegangan dan kelelahan (fatigue) dengan menerapkan pendekatan tegangan (stress approach) pada struktur material pipa dan memprediksi keandalan kedua line number tersebut terhadap fatigue. Analisis tegangan dan fatigue pipa dilakukan dengan software analisis tegangan dan divalidasi menggunakan perhitungan manual dengan allowable stress menggunakan standar ASME B31.4, sedangkan prediksi keandalan pipa dilakukan dengan menggunakan metode Monte Carlo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tegangan operating load tertinggi pada kedua jalur tersebut adalah 1165,2 kg/cm², nilai sustain load tertinggi sebesar 277,2 kg/cm², nilai occasional load tertinggi sebesar 277,2 kg/cm², dan nilai thermal expansion load tertinggi sebesar 1098,9 kg/cm². Nilai cyclic load of fatigue dengan kemungkinan terjadi fatigue paling cepat pada segmen 50 dengan 6104262 allowable cycles. Berdasarkan hasil tersebut, nilai keandalan underground pipeline for fuel hydrant system adalah 1 pada periode yang disimulasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris :7431/TP-19/2023 Lokasi TA :452
Uncontrolled Keywords: underground pipeline, stress approach, cyclic load, fatigue, keandalan
Subjects: TPP - Teknik Perpipaan > Piping Risk & Management
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Perpipaan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:17
Last Modified: 26 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5174

Actions (login required)

View Item View Item