PERENCANAAN TUTUP PALKA PADA KAPAL PERINTIS 2000GT

Aziz, Mohkamad Abdhol (2016) PERENCANAAN TUTUP PALKA PADA KAPAL PERINTIS 2000GT. Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seiring permintaan konsumen yang membutuhkan sarana transportasi dengan biaya yang relatif kecil dan dapat meningkatkan mobilitas berbagai bentuk komoditi yang relatif beragam, sarana transportasi laut menjadi sebuah alternatif pilihan yang memiliki keunggulan tersendiri. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, maka alternatif kapal perintis merupakan sebuah pilihan yang tepat. Dimana mobilitas kapal dapat memindahkan penumpang dan barang secara bersamaan dalam jumlah yang relatif lebih besar. Barang muatan harus tersimpan dengan baik supaya tidak rusak. Oleh sebab itu ruang muat harus kedap air, sehingga pada bagian atas ruang muat harus diberi tutup guna melindungi barang yang ada di dalam agar tidak ada air yang masuk apabila sedang hujan. Pada kegiatan survey, pihak owner meminta kepada pihak galangan untuk mendesain hatch cover (tutup palka) yang sesuai pada kapal perintis 2000GT. Kemudian dilakukan pengumpulan data - data kapal seperti gambar, General Arrangement, BKI Rules 2006 VOL II Bab 17. Setelah itu dilakukan perhitungan untuk menentukan ukuran-ukuran konstruksi palka. Perhitungan yang dikerjakan meliputi ukuran plat serta profil penegar dan dilanjutkan penggambaran desain konstruksi palka menggunakan software autoCAD. Dari perencanaan yang telah dilakukan dipilih sistem Single Pull hatch Cover. Sistem ini tidak memerlukan banyak tempat karena pembukaan dan penutupan palka dilakukan dengan cara mendorong atau menarik tiap seksi tutup lubang palka kemudian mengaturnya pada suatu tempat khusus. Selain itu untuk membuka dan menutup tutup palka sistem ini tidak membutukan waktu yang lama sehingga dapat meminimalisir biaya bongkar muat dipelabuhan. Kata Kunci : Kapal perintis, peraturan klasifikasi, sistem palka ABSTRACT As the consumer demand needed transportation with relatively small cost and can improve the mobility of the various forms of commodities are relatively diverse, sea transportation becomes an alternative option has its own advantages. To answer this need, the alternative ship pilot is a good choice. Where the vessel mobility of passengers and goods can move simultaneously in a relatively larger amount. Cargo should be stored properly in order not damaged. Therefore, the cargo must be watertight, so that at the top of the load space must be closed in order to protect the items inside so that no incoming water when it is raining. In surveys, the shipyard owner to ask the parties to design the hatch cover corresponding to the pioneer ship 2000GT. Then the data collection - ship data such as pictures, General Arrangement, BKI Rules 2006 VOL II, Chapter 17. Once that was done the calculations to determine the size of the hold-sized construction. Calculation employed include the size of the plate and stiffener profile and continued construction of the hatch depiction design using AutoCAD software. From the planning that has been done Single system Pull Cover hatch. This system does not require a lot of places for opening and closing the hatch is done by pushing or pulling each section closes the hatch and then set it in a special place. In addition to opening and closing the hatch cover system is don’t need a long time so as to minimize the cost of unloading in ports. Keywords: Ships pioneer, the classification rules, the system hatch

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 06:25
Last Modified: 10 Sep 2018 06:25
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item