ANALISIS PERBANDINGAN SAMBUNGAN PENGELASAN DAN KNOCK DOWN PADA BULBOUS BOW KAPAL FERRY RO-RO 2000 GT TERHADAP FATIGUE LIFE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Hasan, David Al (2023) ANALISIS PERBANDINGAN SAMBUNGAN PENGELASAN DAN KNOCK DOWN PADA BULBOUS BOW KAPAL FERRY RO-RO 2000 GT TERHADAP FATIGUE LIFE MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0719040046 - David Al Hasan - Analisis Perbandingan Sambungan Pengelasan dan i Knock Down _i pada i Bulbous Bow _i Kapal Ferry Ro-Ro 2000 GT Terhadap i Fatigue Life _i Menggunakan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah perusahaan galangan kapal membangun sebuah kapal Ro-ro ferry 2000 GT pada tahun 2021. Kapal tersebut memiliki rute pelabuhan Tanjung Perak menuju pelabuhan Lembar NTB melalui Laut Flores di pesisir utara Pulau Bali. Selama kegiatan berlayar melayani penumpang, pihak owner hendak menambahkan bulbous bow pada kapal untuk mengurangi resistensi serta meningkatkan efisiensi main engine kapal. Dalam rencana pemasangannya terdapat insight untuk memasang bulbous bow secara knock down. Sehingga dalam penelitian ini akan disimulasikan penggunaan desain sambungan knock down dan akan dibandingkan dengan sambungan pengelasan untuk mengetaui perkiraan fatigue life nya. Proses simulasi menggunakan Ansys Workbench dengan memberikan variasi jenis sambungan pengelasan, mur-baut, dan stud welding. Kemudian disimulsikan dengan memberikan pembebanan akibat tekanan hidrostatis serta variasi tegangan akibat beban slamming. Pada penelitian ini didapatkan hasil perkiraan fatigue life melalui perhitungan berdasarkan ABS Guide for Fatigue Assessment of Offshore Structures (2020) terlama sebesar 28.9 tahun pada sambungan pengelasan (fixed joint) dan terpendek sebesar 3.67 tahun pada sambungan stud welding. Sehingga penerapan sambungan knock down pada pemasangan bulbous bow kurang efektif karena pada intensitas slamming yang tinggi nilai fatigue life sambungan knock down tidak melampaui nilai yang ditetapkan oleh ABS

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : Lokasi TA :
Uncontrolled Keywords: Bulbous bow, Metode Elemen Hingga, Knock Down Joint, Fatigue Life
Subjects: TPL - Teknik Pengelasan > Pengelasan (Welding)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:46
Last Modified: 27 Sep 2023 06:46
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item