REDESAIN SISTEM PERPIPAAN MATERIAL ALUMINIUM PADA SEWAGE SYSTEM DENGAN NON-CORROSIVE PLASTIC PIPE (Studi Kasus Kapal Patroli 38 m Di PT. PAL Indonesia)

Arba'iyah, Nurul (2015) REDESAIN SISTEM PERPIPAAN MATERIAL ALUMINIUM PADA SEWAGE SYSTEM DENGAN NON-CORROSIVE PLASTIC PIPE (Studi Kasus Kapal Patroli 38 m Di PT. PAL Indonesia). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari desain ulang sewage system pada Kapal Patroli 38 m di PT. PAL Indonesia dengan penggantian material dan peletakan support dimana material eksisting yaitu pipa aluminium. Desain ulang peletakan support dilakukan dengan analisa tegangan menggunakan software Caesar II 7.00 yang menunjukkan hasil analisa mengenai tegangan, gaya, momen dan displacement yang terjadi serta menunjukkan terjadinya overstress pada sistem yang dianalisa. Material pada penelitian ini akan diganti dengan pipa plastik HDPE yang direkomendasikan untuk diaplikasikan pada sewage system. Berdasarkan regulasi IMO (International Maritime Organisation) A.18/Res. 753 tahun 1993 dan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) T-2.3 volume III section 11 edisi 2014 material plastic pipe dapat diaplikasikan pada sewage system. Pipa plastic memenuhi kriteria sebagai material alternatif pengganti pipa aluminium untuk sewage system. Pipa plastik memiliki ketahanan yang rendah terhadap temperature tinggi, namun berdasarkan DNV part 4 chapter 6 dan Lloyd’s Register (LR) Class section 11 bahwa pipa plastik yang akan diaplikasikan untuk pipa drainase pada machinery space tidak membutuhkan pengujian ketahanan api. Berdasarkan ISO 7471 pipa plastik memiliki ketahanan terhadap kandungan kimia. Berdasarkan perhitungan tegangan dan beban didapatkan hasil bahwa semua parameter memenuhi standar yang mana tidak melebihi allowable stress. Namun, dilakukan modifikasi support karena ditinjau dari displacement melebihi yang diijinkan pada beberapa node. Modifikasi support dengan penambahan support +Y pada pipa yang memiliki panjang support ke support melebihi maksimum span requirement pipa HDPE agar tidak mengalami lendutan yang besar. Dan penambahkan support +Y pada kedua sisi valve sehingga berat terpusat pada valve dapat ditahan oleh support dan tidak terjadi lendutan kea rah -Y. Panjang pipa antar support yang diperkecil dan penambahan pada kedua sisi valve mempengaruhi nilai displacement karena panjang pipa antar support dan berat equipment mempengaruhi pergeseran pipa. Semakin panjang pipa antar support dan semakin berat beban yang harus ditahan oleh pipa maka akan terjadi pergeseran yang besar. Namun, dengan penambahan support ini dapat dijadikan desain yang recommended untuk diaplikasikan pada Kapal Patroli 38 m karena dalam kondisi aman. Kata Kunci: Sewage system; Plastic pipe; Aluminium Pipe; HDPE pipe; Support ABSTRACT This research is aimed to study the redesign sewage system at 38 m Patrol Boat in PT. PAL Indonesia by replacement material and placement of support by analysis of load simulation using Caesar II 7.00 which the existing material is aluminum pipe. Material in this research it will be replaced with plastic pipe HDPE which is recommended to be applied in the sewage system. Based on the regulation IMO (International Maritime Organization) A.18 / Res. 753 in 1993 and the Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) T-2.3 11 volume III section 2014 edition plastic pipe material can be applied to the sewage system. Plastic pipe material comply with criteria as an alternative to aluminum pipes for sewage system. Plastic pipe has a low resistance to high temperature, but by DNV part 4 chapter 6 and Lloyd's Register (LR) Class section 11 that the plastic pipe that will be applied to the machinery space drainage pipes do not require testing of fire resistance. Based on ISO 7471 plastic pipe resistant to chemical content. Based on stress and load calculations showed that all parameters comply with standards which do not exceed the allowable stress. However, modification of support because in terms of displacement exceeds the permitted in some node. Modification of the support with the addition of + Y support on the pipe which has a length exceeding the maximum support to the support span requirement of HDPE pipe so as not to run into large deflection. And additional +Y support on both sides of the valve so that the concentrated weight on the valve can be retained by the support and does not have deflection toward the –Y direction. The length of pipe between the reduced and additional support on both sides of the valve affects the value of displacement because of the length of pipe between the support and heavy equipment affect displacement of pipe. More longer pipe between the support and more severe loads must be retained by pipe, there will be a big displacement. However, with the addition of this support can be recommended for the design applied to the Patrol Boat 38 m due in a safe condition. Key Word: Sewage system; Plastic pipe; Aluminium Pipe; HDPE pipe; Support

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > Teknik Perpipaan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:44
Last Modified: 10 Sep 2018 04:44
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item