OPTIMALISASI LAYANAN RED PACK SURABAYA DENGAN ANALISA WASTE MENGGUNAKAN LEAN SERVICE (STUDI KASUS: PT. PELNI CABANG SURABAYA)

Setyarini, Maylinda Ayu (2022) OPTIMALISASI LAYANAN RED PACK SURABAYA DENGAN ANALISA WASTE MENGGUNAKAN LEAN SERVICE (STUDI KASUS: PT. PELNI CABANG SURABAYA). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1118040049 - Maylinda Ayu Setyarini - Optimalisasi Layanan i Red Pack _i Surabaya dengan Analisa i Waste _i Menggunakan i Lean Service _i (Studi Kasus PT. Pelni Cabang Surabaya).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Red Pack merupakan layanan pengiriman barang ke seluruh pelabuhan singgah kapal Pelni. Berdasarkan data keluhan pelanggan periode Agustus 2020 hingga September 2021 terdapat 103 keluhan pelanggan terkait proses layanan Red Pack. Selain itu, sejak Juli 2019 hingga September 2021 terjadi penurunan penjualan layanan Red Pack secara signifikan. Adanya keluhan pelanggan serta penurunan penjualan ini disebabkan karena adanya waste dalam proses layanan Red Pack Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis waste yang terjadi dan mengoptimalkan layanan dengan memberikan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini menggunakan konsep Lean Service yang didukung oleh metode Analytical Network Process (ANP) serta tools berupa VSM dan fishbone. Hasil dari penelitian ini yaitu teridentifikasinya 5 kriteria waste dan 15 subkriteria waste dalam layanan Red Pack dengan kebijakan pelarangan kendaraan pengangkut barang masuk ke area kantor sebagai waste dominan. Berdasarkan identifikasi akar penyebab diperoleh 13 akar penyebab terjadinya waste dominan dan 5 diantaranya dipilih sebagai akar penyebab prioritas, diantaranya yaitu belum adanya sistem regulasi yang sistematis terkait prosedur customer memasuki kantor, jumlah buruh terbatas, security berjaga hanya pada bagian dalam gedung, pemanfaatan lahan belum optimal, dan kurangnya pengawasan. Masing-masing akar penyebab prioritas diberikan rekomendasi perbaikan yang berkontribusi pada optimalisasi kualitas dengan berkurangnya kegiatan tidak bernilai tambah dan optimalisasi waktu pembayaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NO. INVENTARIS : 6887/MB-18/2022 LOKASI TA : 204
Uncontrolled Keywords: Analytical Network Process (ANP), Fishbone, Lean Service, Value Stream Mapping (VSM), Waste,
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Sistem Informasi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2023 06:31
Last Modified: 24 Jan 2023 06:31
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4857

Actions (login required)

View Item View Item