ANALISIS PROSES BISNIS PENGADAAN JASA DENGAN PENDEKATAN QUALITY EVALUATION FRAMEWORK (QEF), ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA), DAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) (STUDI KASUS BISNIS PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN KAPAL PT. PAL INDONESIA)

PRIGARA, ANINDITA ARAYA (2022) ANALISIS PROSES BISNIS PENGADAAN JASA DENGAN PENDEKATAN QUALITY EVALUATION FRAMEWORK (QEF), ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA), DAN BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI) (STUDI KASUS BISNIS PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN KAPAL PT. PAL INDONESIA). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1118040011 - Anindita Araya Prigara - Analisis Proses Bisnis Pengadaan Jasa dengan Pendekatan i Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA) _i , dan i Business Process Improvement (BPI) _i (SK Bisnis Pem.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT. PAL Indonesia (Persero) adalah sebuah perusahaan galangan kapal terbesar di Indonesia. PT. PAL Indonesia (Persero) memiliki bisnis pada kapabilitas pembangunan dan rancang-bangun Kapal Perang dan Kapal Niaga; pembangunan dan pemeliharaan, perbaikan dan Overhaul (MRO) Kapal Selam, Kapal Perang, Kapal Niaga; dan produk-produk kemaritiman seperti General Engineering produk energi dan elektrifikasi, serta Technology Development. Pada PT. PAL Indonesia (Persero) terdapat beberapa divisi salah satunya yaitu divisi supply chain. Proses bisnis yang diterapkan pada departemen pengadaan jasa divisi supply chain untuk bisnis pemeliharaan dan perbaikan kapal masih berjalan kurang efektif. Masalah yang sering dialami pada proses bisnis tersebut adalah ketidakcocokan antara flowchart proses bisnis dengan kenyataan di lapangan yang menyebabkan waktu penerbitan kontrak pengadaan jasa mengalami keterlambatan. Untuk melakukan analisis proses pengadaan jasa pada bisnis pemeliharaan dan perbaikan kapal, penelitian ini menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF). Dari hasil faktor-faktor kualitas yang masih tidak sesuai target perusahaan akan dilakukan pencarian akar permasalahan menggunakan Root Cause Analysis (RCA) yaitu fishbone analysis. Setelah menemukan akar permasalahan, penelitian ini menghasilkan usulan perbaikan proses bisnis menggunakan Business Process Improvement (BPI). Hasil analisis proses bisnis penerbitan kontrak pengadaan jasa menghasilkan perhitungan tiga faktor kualitas yang tidak sesuai antara target dengan realisasi, ketiga faktor kualitas tersebut di antaranya Resource Efficiency sebesar 90%, Availableness sebesar 50%, dan Cycle Time sebesar 29 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NO. INVENTARIS : 6858/MB-18/2022 LOKASI TA : 175
Uncontrolled Keywords: Galangan Kapal, Proses Bisnis, Pengadaan, Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA), Business Process Improvement(BPI)
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Keuangan
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:43
Last Modified: 24 Jan 2023 01:43
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item