ANALISIS PENGARUH TINGGI TRANSOM DAN SUDUT KEMIRINGAN MESIN TEMPEL TERHADAP THRUST PROPELLER MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

Barlianta, Iqbal (2022) ANALISIS PENGARUH TINGGI TRANSOM DAN SUDUT KEMIRINGAN MESIN TEMPEL TERHADAP THRUST PROPELLER MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0318040037 - Iqbal Barlianta - Analisis Pengaruh Tinggi Transom dan Sudut Kemiringan Mesin Tempel terhadap i Thrust Propeller _i Menggunakan Metode i Computational Fluid Dynamics _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mesin tempel merupakan salah satu penggerak utama pada kapal. Menurut buku pedoman pabrikan, pemasangan mesin tempel disarankan dengan sudut kemiringan transom pada kapal sebesar 12 derajat. Namun masih belum ada penelitian mengenai pengaruh sudut kemiringan transom terhadap mesin tempel. Smart Autopilot Unmanned Ship (SAUS) adalah kapal penelitian ikan yang belum terpasang mesin tempel sebagai penggeraknya. Perhitungan tahanan kapal dilakukan untuk memilih mesin tempel yang optimal. Didapatkan tahanan kapal senilai 0,5 kN berdasarkan software Maxsurf Resistance. Mesin tempel yang dipilih adalah Yamaha F20 CMH. Pada penelitian ini dianalisis thrust propeller pada kapal SAUS dengan 9 variasi, yaitu ketinggian transom (plat kavitasi di atas linggi, plat kavitasi sejajar linggi, dan plat kavitasi di bawah linggi) dan sudut kemiringan (12°, 10°, dan 8°) mesin tempel terhadap transom kapal. Analisis dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Software yang digunakan adalah Ansys Workbench 2022 R2 CFX. Hasil akhir penelitian ini didapatkan variasi plat kavitasi sejajar linggi dengan kemiringan mesin tempel 10 derajat terhadap transom adalah variasi dengan performa thrust paling maksimal. Thrust yang dihasilkan variasi tersebut senilai 924,72 N. Nilai ini pun sudah melebihi perhitungan manual sebesar 510,73 N sehingga dapat disimpulkan variasi ini paling maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NO. INVENTARIS : 6470/D4ME-18/2022 LOKASI TA : 708
Uncontrolled Keywords: Ketinggian transom, Kemiringan mesin tempel, Thrust Propeller, Ansys CFX
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:27
Last Modified: 04 Jan 2023 02:27
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item