ANALISIS DESAIN SISTEM PENDINGIN PADA PENGGUNAAN MESIN DARAT DI KAPAL

Khoir, Kana Taufiq (2022) ANALISIS DESAIN SISTEM PENDINGIN PADA PENGGUNAAN MESIN DARAT DI KAPAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0318040034 - Kana Taufiq Khoir - Analisis Desain Sistem Pendingin pada Penggunaan Mesin Darat di Kapal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan survei, mayoritas nelayan di Indonesia memilih menggunakan mesin darat sebagai tenaga penggerak untuk mesin induk (main engine) maupun mesin bantu (auxulary engine) di kapal dikarenakan dari segi harga mesin darat jauh lebih murah dari pada mesin kapal produksi pabrik marine engine. Oleh sebab itu tidak sedikit bengkel yang sering melayani modifikasi mesin darat untuk selanjutnya digunakan sebagai penggerak kapal. Peraturan tentang penggunaan mesin darat sebagai mesin induk kapal di Indonesia saaat ini memang belum banyak di atur didalam peraturan Badan Klasifikasi. Syarat dari sebuah tenaga penggerak di kapal adalah harus disertifikasi baik pabrik pembuat (type Approval Certificate) maupun dari mesin itu sendiri (Individual Certificate) yang akan berefek pada pemberian notasi instalasi permesinan, Maka dilakukannya analisis berbasis Computional Fluid Dynamic (CFD) untuk mengetahui desain heat exchanger yang menunjang sistem pendingin pada penggunaan mesin darat di kapal secara optimal. Selanjutnya proses desain heat exchanger dengan beban perpindahan panas sebesar 17.416 Watt dilakukan dengan metode LMTD dan mendapatkan nilai luas perpindahan panas sebesar 1,204 m 2 dengan konfigurasi susunan staggered. Dari hasil simulasi CFD menfapatkan nilai suhu di saluran keluar air panas sebesar 51,39℃. Akibat dari perubahan sistem pendingin maka diperlukan pompa untuk memompa air laut yang ditenagai oleh main engine sehingga terdapat power loss sebesdar 0,015%. Power loss yang terjadi tidak banyak mempengaruhi kinerja mesin dan poros propeller masih mendapatkan daya sebesar 89,37 HP yang mana dalam perhitungan hanya membutuhkan 88,2 HP yang berarti masih memenuhi kebutuhan daya main engine

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: NO. INVENTARIS : 6467/D4ME-18/2022 LOKASI TA : 705
Uncontrolled Keywords: Sistem pendingin, Heat exchanger, Modifikasi, CFD
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:01
Last Modified: 04 Jan 2023 02:01
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item View Item