OPTIMASI PENJADWALAN REPARASI PADA SERI KM. SABUK NUSANTARA DENGAN METODE CRITICAL PATH METODE (CPM) DAN CRASHING

Ghufron, Darul (2022) OPTIMASI PENJADWALAN REPARASI PADA SERI KM. SABUK NUSANTARA DENGAN METODE CRITICAL PATH METODE (CPM) DAN CRASHING. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0318040014 - Darul Ghufron - Optimasi Penjadwalan reparasi pada seri KM. Sabuk Nusantara dengan metode i Critical Path Metode, _i (CPM) dan i Crashing _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

T. Tambangan Raya Permai adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa galangan kapal. Perusahaan tersebut memiliki satu dok yang berjenis dok kolam (graving dock) dengan panjang 95 meter dan kedalaman 4,5 meter. Pengedokan sendiri bertujuan untuk melakukan perbaikan secara terjadwal yang telah diatur oleh badan klasifikasi terkait. Proses docking pada galangan membutuhkan penjadwalan proyek untuk menghindari keterlambatan. Hal ini dikarenakan jika semakin lama proyek tersebut terselesaikan maka semakin besar pula biaya yang harus dibayar. PT. Tambangan Raya Permai sendiri tidak ada penjadwalan yang terstruktur melaikan hanya berupa daftar pekerjaan dan laporan setelah kegiatan docking repair kapal dilaksanakan. Oleh karena itu diperlukan untuk melakukan evaluasi penjadwalan pada salah satu kapal yang telah melakukan docking repair yakni Seri Kapal KM. Sabuk Nusantara dengan menggunakan metode CPM dan Crashing. Hasil yang digunakan dengan menggunakan metode CPM dalam perencanaan proyek didapatkan waktu pengerjaan lebih cepat, untuk KM. Sabuk Nusantara 30 membutuhkan waktu 22 hari dari pengerjaan awalnya 26 hari, untuk KM. Sabuk Nusantara 37 membutuhkan waktu 31 hari dari pengerjaan awalnya 36 hari, dan untuk KM. Sabuk Nusantara 40 membutuhkan waktu 38 hari dari pengerjaan awalnya 46 hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6452/D4ME-18/2022 Lokasi TA : 690
Uncontrolled Keywords: Annual Survey, CPM, Critical Path, Crashing, Docking, Keterlambatan, WBS.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:46
Last Modified: 03 Jan 2023 03:46
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item View Item