PENGARUH FIN DAN VARIASI KECEPATAN KAPAL TERHADAP PERFORMA MANEUVERING OPV 90 METER DENGAN METODE CFD DAN PROTOTYPE KAPAL BERBASIS IOT

Rochmad, Alif Nur (2022) PENGARUH FIN DAN VARIASI KECEPATAN KAPAL TERHADAP PERFORMA MANEUVERING OPV 90 METER DENGAN METODE CFD DAN PROTOTYPE KAPAL BERBASIS IOT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0120140096 - Alif Nur Rochmad - Pengaruh i Fin _i dan Variasi Kecepatan Kapal terhadap Performa i Maneuvering _i OPV 90 meter dengan Metode CFD dan i Prototype _i Kapal Berbasis IoT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penggunaan sistem anti-roll (fins) pada kapal mampu mempengaruhi respon gerakan pada kapal ketika kapal sedang beroperasi di perairan. Diharapkan agar pada saat kondisi menembak atau menghindari serangan musuh tetap dalam kondisi stabil dan dalam performa yang baik. Analisis Maneuvering dilakukan dengan dua metode yakni dengan perhitungan CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk menganalisa maneuvering pada kapal, selanjutnya yaitu dengan pemodelan prototype kapal berbasis IoT dengan skala model 1:50 lengkap dengan permesinan dan sensor. Output dari perhitungan dengan metode CFD yaitu berupa nilai turning diameter serta gerakan zig – zag pada perhitungan maneuvering. Sedangkan output untuk simulasi dengan prototype memiliki output yang sama, namun nilai tersebut diperoleh dari sensor gyroscope dan sensor GPS untuk simulasi maneuvering. Jenis fin yang digunakan adalah jenis fin NAIAD 525 dengan sudut fin yaitu 55 derajat. Variasi kecepatan 20, 25, dan 30 knot digunakan untuk menentukan batasan even keel kapal ketika terkena gaya lifting dari fin. Hasil simulasi pada prototype kapal divalidasi dengan hasil perhitungan CFD agar hasil data yang dikirimkan IoT valid. Pada pengujian lifting, dengan metode CFD menghasilkan 8 derajat pada 30 knot dan dengan simulasi prototype menghasilkan 8 derajat pada 4.24 knot. Pada turning circle, dengan metode CFD menghasilkan Steady Turning Diameter 175.115 meter pada 30 knot dan dengan simulasi prototype menghasilkan STD 3.44 meter pada 4.24 knot. Pada zig-zag maneuver, dengan metode CFD menghasilkan overshot 15.87 derajat dan dengan simulasi prototype menghasilkan overshot 12 derajat. Dengan penambahan kecepatan akan meningkatkan nilai Steady Turning Diameter dan mengurangi sudut overshot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6376/D4DC-20/2022 Lokasi TA : 648
Uncontrolled Keywords: CFD, Fin, Maneuvering, OPV, Prototyp
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Interior Kapal (Ship Desain Interior)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:18
Last Modified: 17 Nov 2022 04:18
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item