ANALISA KEKUATAN LASHING MUATAN DAN RISIKO KECELAKAAN AKIBAT KESALAHAN PENGIKATAN MUATAN DI KAPAL NON KONVENSIONAL

Yulianto, Novaria Marsha (2022) ANALISA KEKUATAN LASHING MUATAN DAN RISIKO KECELAKAAN AKIBAT KESALAHAN PENGIKATAN MUATAN DI KAPAL NON KONVENSIONAL. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0118040027 - Novaria Marsha Yulianto - Analisa Kekuatan i Lashing _i Muatan dan Risiko Kecelakaan Akibat Kesalahan Pengikatan Muatan di Kapal Non Konvensional.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengikatan muatan di kapal atau yang biasa disebut Lashing merupakan suatu hal yang terpenting ketika melaksanakan pemuatan. PeLashingan muatan berperan penting dalam keamanan muatan tersebut, terutama pada stabilitas kapal itu sendiri. Lashing harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah ada sehingga tidak terjadi pergeseran pada muatan yang bisa berdampak terhadap stabilitas kapal, ataupun muatan itu sendiri. Untuk mencari nilai dari tegangan Lashing, di modelkan pada saat kapal kodisi even keel dan kondisi kapal oleng dengan sudut 5º, 10º, 15º, 20º, dan 25º menggunakan Finite Element Method. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi bahaya kecelakaan yang mungkin terjadi yaitu AS/NZS 4360. Dari hasil analisis tersebut, tinggi gelombang maksimal terjadi pada gerakan roll di heading angle 90º (Beam Sea) sebesar 6,33 m. Untuk batas sudut kemiringan kapal yang bisa diterima oleh Lashing muatan sampai dengan sudut 25º dan tali yang digunakan yaitu Webbing Sling untuk tipe yang digunakan yaitu tipe M90. Probabilitas yang tertinggi pada 5 tahun terakhir dari 2016 sampai dengan 2020 berada pada tinggi gelombang 5 m dengan jumlah kejadian 1094 dari 1863 kejadian

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6367/D4DC-18/2022 Lokasi TA : 639
Uncontrolled Keywords: Lashing, RAO, AS/NZS 4360, Seakeeping Criteria, Penilaian Risiko
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:20
Last Modified: 15 Nov 2022 08:20
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item