ANALISIS KONVERSI KAPAL TANKER KIMIA 6200 DWT MENJADI KAPAL PEMBANGKIT LISTRIK

Sumakarta, Adheaajeng Harsetya (2022) ANALISIS KONVERSI KAPAL TANKER KIMIA 6200 DWT MENJADI KAPAL PEMBANGKIT LISTRIK. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0118040021 - Adheaajeng Harsetya Sumakarta - Analisis Konversi Kapal Tanker Kimia 6200 DWT menjadi Kapal Pembangkit Listrik -1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Meninjau data statistik PLN 2020, rasio elektrifikasi Papua sebesar 50,95%. Hal tersebut, memunculkan inovasi demi mengatasi permasalahan kelistrikan dengan memanfaatkan Kapal Tanker Kimia 6200 DWT atas permintaan owner untuk dikonversi menjadi kapal pembangkit listrik dan menganalisa kelayakan secara teknis mengacu pada rules yang berlaku. Proses diawali dengan redesain general arrangement, menentukan daya listrik yang dihasilkan, pemodelan lambung kapal, analisa hidrostatik, stabilitas, dan kekuatan memanjang dengan bantuan MAXSURF, dan pembuatan desain interior ruang awak kapal dengan SketchUp. Dari keseluruhan proses didapatkan selisih berat sebesar 954,27 ton. Hasil redesain penelitian ini disesuaikan dengan kebutuhan pembangkit yaitu: genset 6x5299 KW, Step-Up Transformer 1x38000 KVA, auxilary genset 220 KW, Panel MVMDB 6x20 KV, sehingga menghasilkan daya pembangkit listrik sebesar 31794 KW untuk 6 genset pada kodisi beban diatas normal dan sebesar 26495 KW untuk 5 genset pada pengoperasian normal. Lama operasi pembangkit listrik secara maksimal adalah 36 hari namun pengisian BBM maksimal dilakukan setelah 25 hari beroperasi. Hasil analisa stabilitas pada semua loadcase sudah memenuhi kriteria IMO A749 CH.3. Hasil analisa kekuatan memanjang didapatkan nilai maksimal shear force dan bending moment pada setiap loadcase, loadcase 1 memiliki bending moment sebesar 9,692x103 ton.m dan shear force adalah 0,501x103 ton, loadcase 2 memiliki bending moment sebesar 9,834x103 ton.m dan shear force sebesar 0,439x103 ton, loadcase 3 memiliki bending moment sebesar 10,295x103 ton.m dan shear force sebesar 0,444x103 ton, loadcase 4 memiliki bending moment sebesar 10,572x103 ton.m dan shear force sebesar 0,447x103 ton.m. Periode oleng hasilnya telah memenuhi kriteria kapal penumpang yaitu diatas 8,0 detik sehingga aman dan nyaman bagi awak kapal ditambah penerapan konsep interior untuk mengatasi kejenuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6362/D4DC-18/2022 Lokasi TA : 634
Uncontrolled Keywords: Kapal Tanker Kimia, Kapal Pembangkit Listrik, Stability,Longitudinal Strength, Desain Interior.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:07
Last Modified: 15 Nov 2022 04:07
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item