ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN SENYAWA FIRE RETARDANT TERHADAP SIFAT KETAHANAN API, KEKUATAN, KEULETAN, DAN KEKAKUAN GLASS FIBER REINFORCED POLYMER (GFRP)

Hikmiyah, Jasillatul (2021) ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN SENYAWA FIRE RETARDANT TERHADAP SIFAT KETAHANAN API, KEKUATAN, KEULETAN, DAN KEKAKUAN GLASS FIBER REINFORCED POLYMER (GFRP). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0617040047 - Jasillatul Hikmiyah - Analisis Pengaruh Penambahan Senyawa _i_Fire Retardant__i_ Terhadap Sifat Ketahanan Api, Kekuatan, Keuletan, dan Kekakuan _i_Glass Fiber Reinforced Polymer__i_ (GFRP).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Glass Fiber Reinforced Polymer (GFRP) merupakan salah satu jenis material yang sering digunakan dalam manufaktur komponen transportasi darat, khususnya kereta api. Salah satu syarat material untuk kereta api harus tahan terhadap rambat api. Namun dilain sisi material GFRP juga masih memiliki kelemahan dilingkungan dengan temperatur tinggi. Melihat hal tersebut sehingga dapat memberikan peluang untuk melakukan experimen terhadap material GFRP. Metode eksperimen yang dilakukan pada penelitian yaitu dengan menambahkan senyawa fire retardant sebagai pengisi/filler pada GFRP. Senyawa yang digunakan sebagai pengisi/filler adalah magnesium hidroksida. Pembuatan spesimen GFRP fire retardant dengan metode hand lay up. GFRP yang telah ditambahkan magnesium hidroksida dilakukan pengujian ketahanan api sesuai standart ORE B 106.2 dan kekuatan tarik sesuai standart ASTM D-638. Hasil yang didapatkan adalah setelah penambahan 30%, 35%, 40%, 45%, dan 50% magnesium hidroksida terhadap berat resin polyester dapat meningkatkan ketahanan api pada GFRP. Penambahan magnesium hidroksida pada resin polyester mengakibatkan penurunan kekuatan tarik dan modulus elastisitas GFRP. Ketahanan api, kekuatan tarik, regangan, dan modulus elastisitas GFRP optimum pada penambahan 35% magnesium hidroksida pada resin polyester. Hasil luasan area yang terbakar sebesar 68,67 cm2 , waktu padam api selama 3,6 detik setelah sumber api meninggalkan spesimen, Kekuatan tarik sebesar 70,86 MPa, Regangan sebesar 11,92%, dan modulus elastisitas sebesar 5,96 MPa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa GFRP dengan penambahan 35% magnesium hidroksida mampu tahan rambat api, tetapi belum bisa digunakan sebagai sebagai bahan interior kereta api karena kekuatan tarik tidak memenuhi standart.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5873/TDM-17/2021 Lokasi TA : 407
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hand Lay Up, Kereta Api, Magnesium Hidroksida, Uji Bakar, Uji Tarik.
Subjects: DM - Teknik Desain Manufaktur > Perencanaan, Pengendalian, dan Persediaan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Desain Manufaktur
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 07:12
Last Modified: 11 May 2022 07:12
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item