ANALISIS DAN REDESIGN KEKUATAN STRUKTUR RUNWAY DAN KOLOM PENYANGGA OVERHEAD CRANE PRODUK PT. PELANGI INDOKARYA

Setiawan, Dafa Afif (2021) ANALISIS DAN REDESIGN KEKUATAN STRUKTUR RUNWAY DAN KOLOM PENYANGGA OVERHEAD CRANE PRODUK PT. PELANGI INDOKARYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0617040044 - Dafa Afif Setiawan - Analisis dan _i_Redesign__i_ Kekuatan Struktur _i_Runway__i_ dan Kolom Penyangga _i_Overhead Crane __i_ Produk PT. Pelangi Indokarya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada Penelitian ini akan dilakukan analisis dan redesign kekuatan struktur runway dan kolom penyangga overhead crane dengan design yang digunakan adalah produk dari PT. Pelangi Indokarya yang akan di fabrikasi. Setelah melakukan analisis kekuatan kontruksi akan didapat tegangan maksimum, defleksi, dan buckling.Analisa akan dilakukan dengan pendekatan software berbasis FEM (Finite ElementMethod). Lalu analisa perkiraan umur kontruksi akan dihitung dengan pendekatan metode palmgren miner. Lalu penulis akan melakukan redesign yang akan di analisis dengan cara yang sama. lalu hasil dari redesign tersebut akan dibandingkan dengan design yang sudah ada. Penulis mengharapkan hasil redesign lebih baik dari design sebelumnya dengan kriteria yang antara lain adalah kekuatan struktur dan fatigue life. Hasil analisis runway pada design awal memiliki Tegangan dan Defleksi Maksimal sebesar 90,6 MPa dengan batas izin 107,4 MPa dan 12,1 mm dengan batas izin 9,3 mm. Lalu pada kolom didapatkan Tegangan Buckling dan Defleksi sebesar 101,4 MPa dengan izin 199 Mpa dan 1,0108 mm dengan izin 8 mm dan didapatkan Umur fatigue Life selama 37,8 Tahun lalu dengan hasil yang telah didapat akan dilakukan redesign pada runway dengan mengganti profil menjadi WF 350×175 dan mendapatkan Tegangan dan Defleksi maksimalnya sebesar 54,7 MPa dengan izin 125 MPa dan 6,8 mm dengan izin 9,3 mm lalu pada kolom mengalami perubahan dikarenakan penambahan beban akibat penggantian profil runway sehingga didapatkan hasil Tegangan Buckling dan Defleksi sebesar 108 MPa dengan Izin 199 MPa dan 1,0109 mm dengan izin 8 mm pada hasil redesign ini didapatkan juga Umur Fatigue Life selama 161 Tahun sehingga dapat disimpulkan hasil redesign memiliki kekuatan struktur dan Fatigue Life yang lebih baik dibandingkan dengan design awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5871/TDM-17/2021 Lokasi TA : 405
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Finite Element Method, overhead crane, redesign, runway.
Subjects: DM - Teknik Desain Manufaktur > Desain Eksperimen & Rekayasa Kualitas
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Desain Manufaktur
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 11 May 2022 06:33
Last Modified: 11 May 2022 06:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/4104

Actions (login required)

View Item View Item