ANALISA KONSTRUKSI LAMBUNG KAPAL TB. HOSANA 108 MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD YANG DIPENGARUHI VARIASI URUTAN PENGELASAN TERHADAP TEGANGAN SISA, DISTORSI DAN DISTRIBUSI PANAS

rasetyo, Bagas P (2021) ANALISA KONSTRUKSI LAMBUNG KAPAL TB. HOSANA 108 MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD YANG DIPENGARUHI VARIASI URUTAN PENGELASAN TERHADAP TEGANGAN SISA, DISTORSI DAN DISTRIBUSI PANAS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
__443d7d07c0ff7974c48d8d2ad5651bda45b96f66.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Teknik pengelasan digunakan dalam berbagai bidang manufaktur dan industri terutama dalam bidang perkapalan dan industri maritim. Pada tahap fabrikasi pembuatan sebuah kapal, teknik pengelasan yang baik sangat diperlukan agar tidak terjadinya kegagalan-kegagalan pada sebuah konstruksi kapal tersebut. Salah satu permasalahan yang menjadi tantangan dalam dunia teknik pengelasan adalah adanya tegangan sisa, distorsi dan distribusi panas pada hasil pengelasan. Tegangan sisa atau residual stress merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu proses pengelasan. Tegangan sisa adalah tegangan yang terjadi akibat adanya gaya tarik dan tekan akibat terjadinya panas di daerah sekitar kampuh las yang tersebar secara tidak merata. Dalam tugas akhir ini, telah dilakukan simulasi numerik untuk mengurangi besarnya tegangan sisa, distorsi dan mengetahui distribusi panas pada konstruksi lambung Kapal TB. HOSANA 108 dengan memvariasikan pada urutan pengelasannya. Adapun penelitian ini tidak dilakukan secara eksperimental tetapi meggunakan metode elemen hingga menggunakan elemen shell dengan bantuan software ANSYS untuk mendapatkan besarnya tegangan sisa, distorsi dan distribusi panas. Setelah dilakukan Analisa pada frame ke 19, 20 dan 21 yang menjadi frame kritis pada pembebanan kapal didapat kan nilai tegangan sisa terbesar 474,47 MPa, nilai titik puncak tertinggi sebesar 2099,77 °K dan untuk deformasi terbesar terjadi pada variasi urutan pengelasan ke 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5890/TL-17/2021 Lokasi TA : 394
Uncontrolled Keywords: Metode Elemen Hingga, Tegangan sisa, Distorsi, Bottom, Heat Flux
Subjects: TPL - Teknik Pengelasan > Pengelasan (Welding)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Pengelasan
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:43
Last Modified: 12 Apr 2022 06:43
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item