ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KAPAL KARGO CURAH 26.562 GT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERHITUNGAN TEKNIS KELISTRIKAN KAPAL DAN BIAYA

FITRIA RAMADHANI, DEASY (2020) ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KAPAL KARGO CURAH 26.562 GT MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERHITUNGAN TEKNIS KELISTRIKAN KAPAL DAN BIAYA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
1116040051 - Deasy Fitria Ramadhani - Analisis Biaya Operasional Kapal Kargo Curah 26.562 Gt Menggunakan Pendekatan Perhitungan Teknis Kelistrikan Kapal Dan Biaya (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap kapal yang beroperasi sedikitnya memiliki dua mesin bantu (auxiliary engine) yang digunakan untuk menyuplai kebutuhan energi listrik seperti kebutuhan untuk pendingin ruangan, lampu, peralatan navigasi, crane kapal dan lain sebagainya. Untuk mengaktifkan auxiliary engine diperlukan bahan bakar minyak. Faktanya, bahan bakar minyak untuk kapal memiliki bobot 54% dari komponen biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh perusahaan pelayaran. Oleh karena itu, diperlukan suplai listrik yang lebih ekonomis agar perusahaan dapat mengurangi dan mengoptimalkan biaya operasionalnya sehingga perusahaan dapat meningkatkan keuntungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan suplai listrik yang paling ekonomis antara auxiliary engine dengan shore connection ketika kapal melakukan kegiatan bongkar-muat di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan perhitungan kelistrikan kapal dan biaya. Analisa biaya menggunakan analisis value chain. Obyek penelitian ini adalah kapal curah kargo 26.562GT yang sedang melakukan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa konsumsi listrik pada kapal PS selama 6 hari bongkar muat sebesar 12.117 kWh pada waktu beban puncak (WBP) dan 45.256 kWh pada lewat waktu beban puncak (LWBP). Pengunaan fasilitas shore connection merupakan pilihan ekonomis karena perpindahan dari penggunaan AE ke shore connection meningkatkan laba bersih perusahaan sebesar 17% atau sebesar Rp Rp1.787.060.325.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 6290/MB-16/2022 Lokasi : 161
Uncontrolled Keywords: Auxiliary engine (AE), Shore connection, Analisa Perhitungan Kelistrikan Kapal, Value Chain Analysis
Subjects: MB - Manajemen Bisnis > Manajemen Operasi dan Produksi
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Manajemen Bisnis Maritim
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:32
Last Modified: 07 Apr 2022 01:32
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item View Item