PROTOTIPE PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN TANGKI BALLAST KAPAL SELAMA PROSES LOADING DAN UNLOADING MUATAN BERBASIS FUZZY LOGIC

UTAMA, BAYU KRESNA PURWAKA (2021) PROTOTIPE PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN TANGKI BALLAST KAPAL SELAMA PROSES LOADING DAN UNLOADING MUATAN BERBASIS FUZZY LOGIC. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0417040004 - Bayu Kresna Purwaka Utama - i Prototype _i Pemantauan dan Pengendalian Tangki i Ballast _i Kapal Selama Proses i Loading _i dan i Unloading _i Muatan Berbasis i Fuzzy Logic _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kapal tanker merupakan kapal khusus yang mengangkut barang berbahaya. Kapal dengan muatan yang berbahaya seperti ini diperlukan adanya pengendalian stabilitas kapal yang baik. Berdasarkan data dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi Tahun pelayaran tahun 2016, tingkat kecelakaan kapal saat ini meningkat. Tercatat jumlah kecelakaan tahun 2010 hingga 2016 meningkat tiga kali lipat sebanyak 15 kejadian. Dari data tersebut jenis kecelakaan tenggelam cenderung dialami oleh kapal tanker dengan faktor penyebab dikarenakan faktor ballast, konstruksi, dan adanya kebocoran pada lambung kapal. Untuk mengatasi masalah ini sebelumnya sudah terpasang sistem pemantauan muatan dan stabilitas kapal. Bersumber dari penelitian sebelumnya juga yang hanya menggunakan sensifitas sensor tanpa adanya penggunakan metode khusus untuk menentukan tanggapan respon ketika terjadi kemiringan kapal. Maka tugas akhir ini penulis membuat konsep sistem kontrol stabilitas keseimbangan kapal dengan mengendalikan muatan dari tangki ballast kapal menggunakan metode Fuzzy Logic dalam menentukan kapasitas dari output kecepatan pompa ballast. Konsep tersebut memanfatkan pembacaan data dari sensor ultrasonik yang diaplikasikan sebagai sensor ketingian draft kapal dan membandingkannya dengan kapasitas muatan utama kapal, sehingga dapat memberikan rekomendasi pilihan tangki ballast untuk diisi atau dikurangi muatannya secara otomatis. Dengan hasil akhir dari sistem pemantauan dan pengendalian bongkar muat kapal tanker berhasil dan mampu mengendalikan keseimbangan kapal dengan memerlukan waktu sekitar 1 menit 34 detik dalam kondisi kemiringan sekitar 7 derajat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5715/PE-17/2021 Lokasi TA : 575
Uncontrolled Keywords: Ballast, Kapal, Fuzzy logic, Stabilitas, Ultrasonik.
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Elektronika Komunikasi dan Navigasi
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:00
Last Modified: 12 Jan 2022 02:00
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item