ANALISA TEORITIS PENGGUNAAN BALING – BALING KONVENSIONAL TERHADAP PENGGUNAAN KORT NOZZLE PADA KAPAL TUNDA (KM ISE V)

Muhammad Taufiq NurRohman, Zain (2014) ANALISA TEORITIS PENGGUNAAN BALING – BALING KONVENSIONAL TERHADAP PENGGUNAAN KORT NOZZLE PADA KAPAL TUNDA (KM ISE V). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kapal tug boat mempunyai fungsi peranan sangat penting di pelabuhan, berfungsi menarik atau mendorong kapal besar di pelabuhan. Salah satunya juga digunakan untuk menarik kapal tongkang. Kemampuan daya tarik ini yang disebut bollard pull. Bollard pull merupakan kemampuan tug boat yang sangat kuat, tug boat tidak memerlukan kecepatan tinggi, tetapi lebih menitik beratkan pada kemampuan daya yang terpasang dan kemampuan bollard pull itu sendiri. Kemudian daya tarik tug boat dihitung dan di uji sampai berapa ton kemampuan daya tariknya. Penggunaan type propeller dan nozzle sebagai gaya dorong juga sangat mempengaruhi tahanan pada kapal, karena kapal tug boat KM ISE V ini menggunakan kemudi kort nozzle. Maka, detail perhitungan bisa menunjukkan berapa besar kemampuan bollard pull. Untuk permasalahan tersebut digunakan detail perhitungan mulai dari tahanan kapal, daya mesin, thrust propeller hingga didapat berapa besar kemampuan bollard pull kapal. Tahanan pada kapal akan menentukan berapa besar kekuatan bollard pull kapal tug boat tersebut. Dari data hasil perhitungan mampu memberikan berapa besar bollard pull kapal tug boat KM ISE V saat kecepatan maksimum maupun kecepatan normal atau kecil. Pada grafik juga menunjukkan hasil minus pada kecepatan diatas 14 knot. Hal ini menunjukkan kemampuan thrust dari daya pendorong kapal berubah fungsi menjadi tahanan kapal. Karena kapal tug boat tidak membutuhkan kemampuan kecepatan kapal yang besar untuk dapat mencapai kemampuan bollard pull yg maksimal maupun saat towing. Kata Kunci : Tahanan kapal, Kort Nozzle, Bollard Pull Tug Boat ABSTRACT Ships tug boat has a very important role in the function of the port, functioning pull or push large ships in the harbor. One of them is also used to pull barges. The ability of the attraction is the so-called bollard pull. Bollard pull is the ability of a very strong tug boat, tug boat does not require high speed, but is more focused on the capabilities of the installed power and bollard pull capability itself. Then the appeal of a tug boat in the test is calculated and how many tons of appeal ability. The use of type propeller and thrust the nozzle as also greatly affect the prisoner on the ship, because the ship KM ISE V tug boat using rudder kort nozzle. Thus, detailed calculations can show how big bollard pull capability. The problem used to start the calculation details of ship resistance, engine power, propeller thrust to obtain how much ability bollard pull vessel. Prisoners on the ship will determine how much power the vessel bollard pull of the tug boat. From the calculation results of the data is able to provide a large number bollard pull tug boat vessel KM ISE V while the maximum speed and normal speed or small. In the graph also shows the results minus at speeds above 14 knots. This demonstrates the ability of the thrust of the driving force changed into custody aboard the ship. Because the boat tug boat does not need a big boat speed capabilities to be able to reach that maximum bollard pull capability or when towing. Keywords: Prisoners ship,Kort Nozzle, Bollard Pull Tug Boat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2018 02:01
Last Modified: 24 Aug 2018 02:01
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item