RANCANG BANGUN PENGATURAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA PADA BEBAN BERVARIATIF MENGGUNAKAN METODE PID DAN IOT

FITRONI, MUH DWIYAN (2020) RANCANG BANGUN PENGATURAN KECEPATAN MOTOR INDUKSI 3 FASA PADA BEBAN BERVARIATIF MENGGUNAKAN METODE PID DAN IOT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0415040022 - Muh. Dwiyan Fitroni - Rancang Bangun Pengaturan Kecepatan Motor Induksi 3 Fasa pada Beban Bervariatif Menggunakan Metode PID dan IOT(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Motor induksi berfungsi untuk mengkonversi energi listrik menjadi energi gerak. Motor induksi memiliki banyak keuntungan yang tidak di miliki motor DC salah satunya putaran yang dihasilkan konstan. Akan tetapi, motor induksi juga memiliki banyak masalah ketika dioperasikan dalam jangka waktu yang lama, sehingga pemakaian dan perawatan yang tepat harus dilakukan guna mendapatkan keandalan motor meskipun suotdah di pakai dalam jangka waktu yang lama. Gangguan yang sering terjadi pada motor induksi yaitu arus berlebih maupun putaran motor tidak maksimal ketika terjadi beban lebih. PT. Mitramulia Makmur merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri plastik, salah satu mesin yang terdapat pada perusahaan tersebut yaitu Mesin crushing, fungsi motor induksi 3 fasa pada mesin crushing digunakan untuk menggerakkan pisau putar guna mencacah barang. Gangguan yang terdapat pada motor diantaranya overcurrent dan menurunnya putaran. Berdasarkan permasalahan di atas penulis membuat inovasi yaitu “Rancang bangun pengaturan kecepatan motor induksi 3 fasa pada beban bervariatif menggunakan metode PID dan IoT”. Berfungsi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pencacahan dan membuat motor berjangka panjang dalam penggunaannya, kontroler PID digunakan sebagai penstabil putaran motor ketika dibebani, setelah pengujian didapatkan hasil parameter Kp = 1, Ki = 1,5 dan Kd = 0,5, dikarenakan saat diberikan beban 1,25kg, 2,5kg & 3,75kg waktu tunak yang dicapai saat pengujian dengan waktu yang cukup cepat yakni antara 0,6 sekon sampai 1,8 sekon dan juga waktu tunak dari pengujian parameter ini menunjukkan waktu yang cepat sebesar 5 sekon, yakni ketika respon mencapai ±5%, atau ±2%, dari nilai set point. sedangkan IOT sebagai monitoring keadaan motor. inverter tipe ATV312 ketika diberikan frekuensi 50 Hz kecepatan motor diukur dengan alat ukur tachometer yaitu 1487 RPM dan sensor rotary sebesar 1462 RPM tingkat prosenstase error yaitu sebesar 1,68%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5432/PE-15/2020 Lokasi TA : 478
Uncontrolled Keywords: Motor Induksi, Mesin Crushing, PID (Proportional, Integral, and Derivative)
Subjects: PE - Teknik Kelistrikan Kapal > Sistem Distribusi dan Pembangkit Listrik
Divisions: Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal > D4 Teknik Kelistrikan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 06:46
Last Modified: 29 Dec 2021 06:46
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3570

Actions (login required)

View Item View Item