ANALISA PERFORMA PROPELLER KAPAL KARGO 4750GT DENGAN VARIASI SUDUT SKEW DAN BLADE AREA RATIO (AE/AO) MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS

KUMARA, ZUFAR FIKRY (2021) ANALISA PERFORMA PROPELLER KAPAL KARGO 4750GT DENGAN VARIASI SUDUT SKEW DAN BLADE AREA RATIO (AE/AO) MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040058 - Zufar Fikry Kumara - Analisa Performa i Propeller _i Kapal Kargo 4750GT dengan Variasi Sudut i Skew _i dan i Blade Area Ratio _i (AE_AO) Menggunakan i Compultational Fluid Dynamics _i ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam proses pembuatan sebuah kapal baru banyak aspek yang harus ditinjau salah satu aspek tersebut adalah aspek sistem propulsi itu sendiri yakni perencanaan desain. Pada penelitian ini akan membahas mengenai analisa perbedaan performa propeller B-series dengan variasi sudut skew (10, 15, 20 dan 25) dan blade area ratio (0.55, 0.65, 0.75) dengan menggunakan metode CFD (Computational Fluid Dynamic), serta nilai RPM yaitu 400 RPM dan 500 RPM. Penelitian ini dilakukan uji model thrust, torque, effesiensi dan kavitasi menggunakan software propcad dan solidwork sehingga diketahui besar nilai yang dapat diambil untuk pembangunan pada perencanaan kapal kargo 4750GT. Dari hasil analisa model propeller diperoleh hasil nilai thrust tertinggi pada sudut skew 25° dan blade area ratio 0,75 sebesar 247185 N pada 150 RPM dan nilai thrust terendah pada sudut skew 10° dan blade area ratio 0,55 sebesar 186770 N pada 100 RPM. Nilai torque tertinggi pada sudut skew 25° dan blade area ratio 0,75 sebesar 16973 N pada 150 RPM dan nilai torque terendah pada sudut skew 10° dan blade area ratio 0,55 sebesar 11167 N pada 100 RPM. Nilai efisiensi tertinggi pada sudut skew 25° dan blade area ratio 0,75 sebesar 14,379% pada 100 RPM dan nilai efisiensi terendah pada sudut skew 25° dan blade area ratio 0,75 sebesar 9,348% pada 150 RPM. Pengaruh variabel yang digunakan terhadap timbulnya kavitasi dengan variasi blade area ratio pada putaran 100 RPM dan 150 RPM tidak terjadinya kavitasi dikarenakan tc rumus lebih kecil dari tc gambar sehingga nilai terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5619/ME-17/2021 Lokasi TA : 649
Uncontrolled Keywords: Performa, Propeller, blade area ratio, sudut skew, CFD.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 05:42
Last Modified: 29 Dec 2021 05:42
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3566

Actions (login required)

View Item View Item