PERENCANAAN MESIN INDUK DAN PROPELLER KAPAL PENUMPANG 14 M

MAHENDRA, NOVANANDA IHZA (2021) PERENCANAAN MESIN INDUK DAN PROPELLER KAPAL PENUMPANG 14 M. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040054 - Novananda Ihza Mahendra - Perencanaan Mesin Induk dan i Propeller _i Kapal Penumpang 14 Meter.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sebuah bangunan kapal baru tentu dibutuhkan sebuah perancangan sistem agar kapal dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Penelitian ini melakukan perhitungan tahanan kapal, kebutuhan daya mesin induk, pemilihan propeller serta analisa perubahan titik berat kapal penumpang 14 meter. Dari hasil perhitungan digunakan untuk pemilihan spesifikasi mesin induk dan propeller yang sesuai dan memiliki nilai stabilitas yang baik. Perhitungan tahanan kapal menggunakan metode Savitsky pada software maxsurf, perhitungan kebutuhan daya dan hasilnya digunakan dalam pemilihan mesin induk. Engine Propeller Matching digunakan untuk menentukan tipe propeller kapal. Penggunaan mesin inboard pada kapal tersebut berpengaruh terhadap perubahan titik berat pada kapal. Berdasarkan hasil perhitungan tahanan pada software maxsurf serta kebutuhan daya mesin induk dipilih mesin induk merk YANMAR tipe 6LY-400 dengan daya sebesar 394 hp/294 kW. Kemudian didapatkan tipe propeller B4-100 dengan diameter 0,478 meter serta memiliki efisiensi 55,2% dan propeller tidak terjadi kavitasi karena nilai τc cal tidak lebih besar dari τc burril . Dengan mesin induk dan propeller yang telah dipilih mencapai matching point yang mendekati kecepatan kapal yang telah direncanakan, perubahan posisi titik berat kapal keseluruhan karena pengaruh berat mesin induk dan LCG berpindah sebesar 0,418 meter dan VCG sebesar 0,011 meter dari posisi sebelumnya, nilai hasil analisa maxsurf stability berdasarkan kriteria IMO A.749(18) Ch.3 dan HSC 2000 Annex 8 berupa luas area 0ᵒ-30ᵒ, 0ᵒ-40ᵒ, 30ᵒ-40ᵒ, GM minimum, nilai GZ maksimum harus berada di atas kemiringan 15ᵒ dan 25ᵒ sesuai regulasi maka stabilitas kapal ini sudah baik dan memenuhi syarat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5615/ME-17/2021 Lokasi TA : 645
Uncontrolled Keywords: Kapal penumpang, Matching point, metode Savitsky, tahanan kapal, tipe propeller, stabilitas.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:04
Last Modified: 29 Dec 2021 04:04
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item