PENGARUH MODIFIKASI DIMPLE PORTING PADA SISTEM SALURAN INTAKE SPARK IGNITION FOUR STROKE ENGINE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG

BRILLIANTA, ATRAS HILMAN (2021) PENGARUH MODIFIKASI DIMPLE PORTING PADA SISTEM SALURAN INTAKE SPARK IGNITION FOUR STROKE ENGINE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040024 - Atras Hilman Brillianta - Pengaruh Modifikasi i Dimple Porting _i pada Sistem Saluran i Intake Spark Ignition Four Stroke Engine _i terhadap Unjuk Kerja Mesin dan Emisi Gas Buang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan dunia otomotif sangatlah pesat, terutama pada sepeda motor. Banyak pabrikan sepeda motor mengembangkan berbagai teknologi untuk meningkatkan performa motor. Salah satu inovasinya adalah memodifikasi dimple porting pada sistem saluran udara. Penelitian ini dilakukan modifikasi intake port dengan menggunakan sistem dimple porting berlubang mirip bola golf untuk menciptakan aliran yang lebih homogen dan membuat turbulensi yang pada intake port menjadi lebih kecil sehingga volumetrik campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ruang bakar menjadi lebih besar. Variasi RPM disesuaikan dari 4500-9500 rpm untuk menentukan daya, torsi, mf, sfc, dan emisi gas buang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya perubahan pada tiap aspek yang diuji. Daya dan torsi terjadi kenaikan performa engine setelah modifikasi pada intake port masing-masing sebesar 2,47% dan 2,84%. Daya yang semula 6,48 HP menjadi 6,64 HP. Torsi yang semula 4,93 Nm menjadi 5,07 Nm. Laju bahan bakar mengalami penurunan sebesar 10,33% yang semula 0,513 kg/h menjadi 0,460 kg/h. Konsumsi bahan bakar terjadi penurunan sebesar 13,33% yang semula 0,102 kg/kw.h menjadi 0,090 kg/kw.h. Terjadi kenaikan senyawa setiap emisi gas buang. CO terjadi kenaikan sebesar 28,82% yang semula 0,48% menjadi 0,62%. HC terjadi kenaikan sebesar 17,76% yang semula 149,75 ppm menjadi 176,34 ppm. CO2 terjadi kenaikan sebesar 38,41% yang semula 6,12% menjadi 8,47%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5592/ME-17/2021 Lokasi TA : 622
Uncontrolled Keywords: dimples porting, dynotest, emission, intake port, perfomance engine.
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:42
Last Modified: 27 Dec 2021 06:42
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item