ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PERBANDINGAN PERENCANAAN SISTEM PROPULSI SINGLE SCREW PROPELLER DAN TWIN SCREW PROPELLER PADA LCT 245 GT

MAULANA, DENIS IRWIN (2021) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PERBANDINGAN PERENCANAAN SISTEM PROPULSI SINGLE SCREW PROPELLER DAN TWIN SCREW PROPELLER PADA LCT 245 GT. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040021 - Denis Irwin Maulana - Analisis Teknis dan Ekonomis Perbandingan Perencanaan Sistem Propulsi i Single Screw Propeller _i dan i Twin Screw Propeller _i pada LCT 245 GT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sistem propulsi merupakan sistem yang menghasilkan daya dorong sehingga kapal dapat bergerak di atas air. Proyek perencanaan pembangunan kapal LCT 245 GT yang didapatkan sebagai obyek pada penelitian ini memiliki dua perencanaan sistem propulsi yang ditinjau yaitu single screw propeller dan twin screw propeller. Dari kedua jenis sistem propulsi tersebut, dilakukan analisis dari segi teknis dan ekonomis untuk mendapatkan sistem propulsi yang paling optimal untuk kapal LCT 245 GT. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan interaksi optimal antara sistem penggerak dengan bentuk lambung atau biasa disebut dengan Engine Propeller Matching dengan biaya yang efisien. Analisis teknis pada penelitian ini membandingkan perhitungan tahanan dan kebutuhan daya mesin utama. Analisa ekononomis menggunakan metode Life Cycle Costing (LCC). Berdasarkan perhitungan didapatkan tahanan kapal single screw propeller sebesar 102.698 kN dan 106.734 kN untuk twin screw propeller. Kebutuhan daya penggerak kapal sebesar 1954 kW untuk satu mesin utama dan 1024 kW untuk dua mesin utama. Propeller yang dipilih adalah propeller B3-35 diameter 47” untuk single screw propeller dan B5-105 diameter 102” untuk twin screw propeller. Diameter poros sebesar 8” untuk satu mesin utama dan 6” untuk dua mesin utama. Total present value dari perencanaan sistem propulsi dengan menggunakan single screw propeller pada kapal ini sebesar Rp373.602.138.245,77 dan untuk sistem propulsi twin screw propeller sebesar Rp524.442.633.053,35. Ukuran propeller pada sistem propulsi single screw propeller tidak memenuhi aspek teknis sehingga sistem propulsi yang optimal untuk kapal LCT 245 GT pada penelitian ini yaitu sistem propulsi twin screw propeller.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5589/ME-17/2021 Lokasi TA : 619
Uncontrolled Keywords: Harvald, LCC, LCT, Propeller, Sistem Propulsi
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:16
Last Modified: 27 Dec 2021 06:16
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3535

Actions (login required)

View Item View Item