ANALISIS VARIASI SUDUT TRAILING EDGE RUDDER TERHADAP KEMAMPUAN MANOUVERING KAPAL CEPAT PATROLI KPLP

AL FATTAH, AJKWANAAFI ARI (2021) ANALISIS VARIASI SUDUT TRAILING EDGE RUDDER TERHADAP KEMAMPUAN MANOUVERING KAPAL CEPAT PATROLI KPLP. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0317040012 - Ajkwanaafi Ari Al Fattah - Analisa Variasi Sudut i Trailing Edge Rudder _i Terhadap Kemampuan i Manouvering _i Kapal Cepat Patroli KPLP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam pembuatan kapal dibutuhkan desain dari setiap bangunan yang ada di kapal. Desain ini berguna untuk proses pembangunan agar dapat dikerjakan. Salah satu desain yang dibutuhkan adalah desain rudder. Rudder memiliki peran penting dalam pembangunan kapal karena berfungsi sebagai alat untuk manouvering kapal. Pada penelitian berfokus untuk menganalisis perbandingan sudut trailing edge, analisis menggunakan metode CFD (Computational Fluid Dynamics), analisis manouvering mempertimbangkan besarnya nilai drag force dan lift force. untuk menghasilkan performa dari rudder dengan didistribusi aliran fluida dari propeller kapal, dengan tujuan untuk mengetahui nilai manouvering dari analisis tersebut. Penelitian ini menggunakan software ANSYS CFX 19.2. Terdapat 4 variasi sudut trailing edge yaitu 0˚, 5˚, 10˚, 15˚, dan setiap sudut trailing edge divariasikan sudut serang rudder yaitu 5˚, 15˚, 25˚, 30˚, dan 35˚. Hasil penelitian ini didapatkan area rudder sebesar 0,515 m² dengan tinggi rudder 0,97 m. Perhitungan rudder torque dan rudder force didapatkan nilai tertinggi pada ahead condition dengan nilai sebesar 3365,795 Nm untuk rudder torque dan rudder force sebesar 63567 N. Dimensi rudder stock didapatkan nilai 70 mm dengan torsional stress sebesar 60,93 N/mm². Dimensi rudder plating sebesar 5 mm, dan diameter rudder coupling 14 mm dengan jumlah baut 6 pcs. Hasil penelitian ini menunjukkan sudut trailing edge yang paling optimal adalah 15˚ dengan drag force 276359 N dan lift force 504323 N. Manouvering abilty dengan steady turning diameter 286, 72 m, turning diameter 290,33 m, advance 177,63 m, turning radius 144,48 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5583/ME-17/2021 Lokasi TA : 613
Uncontrolled Keywords: Desain rudder, drag and lift force rudder, sudut trailing edge,
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:54
Last Modified: 27 Dec 2021 03:54
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item