PERENCANAAN ULANG SISTEM BALLAST AKIBAT PERGANTIAN RUTE PELAYARAN KAPAL YANG DI TINJAU DARI SEGI TEKNIS DAN EKONOMIS PADA KAPAL TUGBOAT BOMAS IMPRESA

ARDIANSYAH, M. YUSUF (2021) PERENCANAAN ULANG SISTEM BALLAST AKIBAT PERGANTIAN RUTE PELAYARAN KAPAL YANG DI TINJAU DARI SEGI TEKNIS DAN EKONOMIS PADA KAPAL TUGBOAT BOMAS IMPRESA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0318030033 - M. Yusuf Ardiansyah - Perencanaan Ulang Sistem i Ballast _i akibat Pergantian Rute Pelayaran Kapal yang di Tinjau Dari Segi Teknis dan Ekonomis pada Kapal Tugboat Bomas Impresa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tugboat atau kapal tunda merupakan kapal yang berfungsi menarik dan mendorong kapal dari suatu tempat ke tempat lain, berdasarkan rute pelayaran yang terdaftar. Kapal tugboat bergerak menggunakan mesin diesel. Dalam menjalankan fungsinya kapal tugboat didukung beberapa sistem, salah satunya adalah sistem ballast. Di PT. Ben Santosa Madura sedang melaksanakan repair pada kapal tugboat Bomas Impresa yang mengalami penurunan kinerja pada pompa ballast, saya berinisiatif untuk menganalisa cara mengoptimalisasi sistem ballast tersebut. Dengan cara mengganti pompa ballast atau melakukan redesain sistem ballast, dalam proses pengolahan data menggunakan standart BKI, diameter pipa utama dan pipa cabang sesuai standard API (American Petroleum Institute) dan menggunakan rumus dari Biro Klasifikasi Indonesia. (2015). Rules For Machinery Installation Volume 3 Section 11, lalu menghitung kecepatan aliran, head losses total, lalu menghitung head pompa menggunakan rumus bernoulli, setelah itu menentukan berapa daya pompa yang dibutuhkan untuk sistem ballast dengan memperhatikan jalur perpipaannya, serta menghitung dengan cara melihat spesifikasi pompa pada diagram. Pada sistem ballast awal kapal tersebut didesain dapat mengisi penuh tangki ballast yang mempunyai kapasitas 25,2 m 3 /h dengan ukuran pipa utama 2½ inchi dan ukuran pipa cabang 1¼ inchi. Menurut analisa yang telah dilakukan dengan menggunakan dua metode perencanaan ulang sistem ballast, dipilih metode yang lebih efisien ditinjau dari segi teknis serta ekonomis yaitu dengan metode penggantian pompa ballast dengan head losses sebesar 28,249 m, sehingga daya pompa yang di butuhkan oleh sistem ballast tersebut adalah 2,12658 kW. Pompa yang akan dipilih untuk mengganti pompa yang ada adalah pompa Pedrollo centrifugal electric pumps, tipe 3 phasa series 40/160 A, daya 2,2 kW, Kapasitas 30 m 3 /h dan head 30 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5567/ME-18/2021 Lokasi TA : 597
Uncontrolled Keywords: Ballast, volume tangki, head losses, kapasitas pompa, daya pompa, redesain sistem ballast, biaya
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D3 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 25 Dec 2021 06:33
Last Modified: 25 Dec 2021 06:33
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item