ANALISA KEBIJAKAN PENJADWALAN PERAWATAN PADA MAIN ENGINE MV. TANTO BERSINAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE

PRADANA, DORIES PUTRA (2021) ANALISA KEBIJAKAN PENJADWALAN PERAWATAN PADA MAIN ENGINE MV. TANTO BERSINAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0315040009 - Dories Putra Pradana - Analisa Kebijakan Penjadwalan Perawatan Pada i Main Engine _i MV. Tanto Bersinar Dengan Menggunakan Metode i Reliability Centered Maintenance _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mesin utama memiliki peranan penting dalam menunjang kegiatan berlayar karena jika mengalami kegagalan maka kapal tidak bisa berjalan dan menimbulkan kerugian ekonomi. Saat ini PT. Tanto Intim Line melakukan perawatan di semua kapalnya berdasarkan corrective maintenance. Metode tersebut dinilai masih belum efektif untuk menangani kegagalan yang terjadi, karena sedikitnya sumber daya manusia yang tersedia sehingga belum teratasi dengan baik. Dengan demikian, diperlukan maintenance task yang tepat, sehingga perusahaan dapat memprediksi kerusakan yang terjadi dan menyediakan suku cadang baru sebelum kerusakan terjadi. Metode perawatan yang sesuai dalam menentukan apa yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan RCM (Reliability Centered Maintenance), dengan metode ini dapat diketahui jenis perawatan dan interval perawatan yang sesuai untuk setiap komponen yang mengalami kegagalan. Berdasarkan analisa didapatkan frekuensi kegagalan pada komponen injector sebesar 6 kali/tahun, komponen piston dengan frekuensi kegagalan 4 kali/tahun. Dengan didapatkannya hasil frekuensi kerusakan maka dapat ditentukan strategi perawatan pencegahan (preventive maintenance) untuk komponen yang memiliki tingkat resiko paling tinggi dan menengah sehingga mempengaruhi biaya, produksi, dan kesehatan serta keselamatan kerja adalah piston, injector, cylinder head, cylinder liner, governor, fuel injection pump dan perawatan saat terjadi kerusakan (corrective maintenance) untuk komponen yang memiliki tingkat resiko paling rendah adalah connecting rod & crosshead, thrust bearing, crankshaft.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5434/ME-15/2020 Lokasi TA : 569
Uncontrolled Keywords: Keandalan, Konsekuensi Resiko, Mesin Utama, Perawatan, RCM
Subjects: ME - Teknik Permesinan Kapal > Mesin Kapal
Divisions: Jurusan Teknik Permesinan Kapal > D4 Teknik Permesinan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:48
Last Modified: 24 Dec 2021 07:48
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item View Item