STUDI PERANCANGAN KAPAL RESPONSE BOAT UNTUK RESPON CEPAT PENANGGULANGAN TUMPAHAN MINYAK DI PT. PERTAMINA EP ASSET 5 BUNYU FIELD KALIMANTAN UTARA

MAULANA, MOCHAMAD ALDI (2021) STUDI PERANCANGAN KAPAL RESPONSE BOAT UNTUK RESPON CEPAT PENANGGULANGAN TUMPAHAN MINYAK DI PT. PERTAMINA EP ASSET 5 BUNYU FIELD KALIMANTAN UTARA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0218130037 - Mochamad Aldi Maulana - Studi Perancangan Kapal i Response Boat _i Untuk Respon Cepat Penanggulangan Tumpahan Minyak Di PT. Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field Kalimantan Utara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PT. Pertamina Ep Asset 5 Bunyu Field, Kalimantan Utara merupakan anak cabang dari PT. Pertamina yang bergerak dibidang eksplorasi, eksploitasi serta menjual produksi minyak dan gas bumi di Pulau Bunyu, Kalimantan Utara. Dalam kegiatan operasionalnya diperlukan kapal response boat yang berguna untuk merespon cepat kebocoran atau tumpahan minyak mentah diperairan Pulau Bunyu yang berasal dari kebocoran pipa saat proses bongkar muat di laut. Agar tidak mencemari lingkungan yang berdampak pada kerusakan ekosistem. Kapal respon tersebut harus bisa bermanufer cepat dan membawa equipment yang dibawa saat maintenance pipa yang mengalami kebocoran dan juga merespon setiap ada keadaan emergency lainya. Studi Perancangan ini akan menghasilkan konsep desain kapal yang sesuai dengan Owner Requirement dengan pendekatan ukuran utama kapal menggunakan pendekatan regresi linear dengan hasil panjang keseluruhan 8,5 meter, lebar 2,3 meter, tinggi 1,1 m, sarat air 0,45 meter dengan displacement 4.117 ton. Menganalisa hambatan dengan metode Savitsky mendapatkan kapasistas mesin sebesar 2x100 pk menggunakan kecepatan dinas 20 knots, dan kecepatan maksimum 25 knots menempuh jarak 42,5 mile ditempuh dengan waktu 1,51 menit menggunakan kecepatan dinas dan 1,29 menit menggunakan kecepatan penuh. Perhitungan dan rencana konstruksi desain kapal fiber sesuai regulasi BKI FRP 2016 dengan hasil tebal lapisan laminasi pada bagian Keel 12,4 mm, Side Shell 6,14 mm, Super Structure 4,9 mm, Main Deck 6,22 mm dan Transom 22 mm. Analisa kondisi kelayakan kapal mengunakan software Maxsurf Stability berdasarkan IMO HSC code 2000 Annex 8 dengan hasil nilai GZ maksimal sebesar 0,565 m pada sudut 104,5 deg dikondisi kapal kosong, dan Nilai GZ terendah sebesar 0,411 m pada sudut 76,4 deg di kondisi kapal muatan penuh. Mendapatkan hasil analisa yang sesuai dengan regulasi yang disyaratkan pada setiap kondisi loadcase tanpa ada peringatan tertentu di tiap kondisi yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5538/SB-18/2021 Lokasi TA : 343
Uncontrolled Keywords: Kapal Fiber, Analisa Hambatan, Kapasitas Mesin, Konstruksi Kapal Fiber, Stabilitas.
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 24 Dec 2021 06:53
Last Modified: 24 Dec 2021 06:53
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item