ANALISIS RESIKO TERJADINYA KERUSAKAN PADA KAPAL SAAT PROSES UNDOCKING MENGGUNAKAN AIRBAG SYSTEM DENGAN PENDEKATAN FAULT TREE ANALYSIS

HUDA, AKHMAD MIFTAHUL (2021) ANALISIS RESIKO TERJADINYA KERUSAKAN PADA KAPAL SAAT PROSES UNDOCKING MENGGUNAKAN AIRBAG SYSTEM DENGAN PENDEKATAN FAULT TREE ANALYSIS. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0218030015 - Akhmad Miftahul Huda - Analisis Resiko Terjadinya Kerusakan Pada Kapal Saat Proses i Undocking _i Menggunakan i Airbag _i i System _i Dengan Pendekatan i Fault _i i Tree _i i Analysis _i .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses docking dan undocking kapal menggunakan metode airbag ini memanfaatkan balon airbag sebagai komponen utama dalam proses docking undocking kapal hal ini sangat mudah pengaplikasiannya di industri sehingga banyak industri kapal di Indonesia yang memanfaatkan metode airbag sebagai fasilitas peluncuran kapal, namun disisi lain peluncuran kapal menggunakan metode airbag ini masih memiliki risiko besar yang bisa berdampak pada kapal secara langsung dilihat masih banyaknya berita mengenai kegagalan proses peluncuran kapal akibat kesalahan teknis saat peluncuran yang berakibat kapal rusak hingga terbalik, selain itu juga kegagalan peluncuran kapal menggunakan metode airbag ini bisa berdampak terhadap teknisi yang bertugas yang bisa menimbulkan kecelakaan kerja. penelitian ini membahas mengenai analisis resiko yang terjadi pada proses peluncuran kapal menggunakan metode airbag dengan pendekatan fault tree analysis yang bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan perhitungan spesifikasi dan jumlah airbag yang akan digunakan dalam peluncuran kapal, mengetahui risiko yang kemungkinan terjadi serta rekomendasi yang dapat diberikan untuk mengurangi risiko tersebut atau bahkan menghilangkan risiko tersebut. Pada penelitian ini diambil contoh proyek yang akan dianalisis yaitu proyek peluncuran Kapal Motor Penumpang Pancar Indah yang memiliki panjang 43 meter. Pada penelitian ini didapat hasil bahwa jumlah airbag yang dibutuhkan dalam proses undocking yaitu sejumlah 12 airbag dengan diameter 1,2. Serta didapat 19 akar permasalahan, Rekomendasi prevetif yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko pada saat peluncuran kapal menggunakan metode airbag adalah dengan memperhitungkan jumlah airbag yang akan digunakan dengan baik dan benar, selain itu perlu juga adanya maintenance rutin untuk airbag, winch dan landasan kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5522/SB-18/2021 Lokasi TA : 427
Uncontrolled Keywords: Peluncuran, Risiko, Airbag, FTA, Rekomendasi preventif.
Subjects: SB - Teknik Bangunan Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Bangunan Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2021 09:04
Last Modified: 23 Dec 2021 09:04
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item