Prakoso, Guruh Julio (2015) ANALISIS KEANDALAN STRUKTUR UTAMA RUBBER TYRED GANTRY (RTG), (STUDI KASUS UNIT RTG 7 TERMINAL PETI KEMAS BANJARMASIN). Diploma thesis, POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK RTG (Rubber Tyred Gantry) dalam operasinya mendapatkan pengaruh signifikan dari pemakaian dan kondisi lingkungan. Hal yang demikian akan mempengaruhi komponen-komponen struktur, khususnya struktur utama yang perannya sangat krusial. Konstruksi dari struktur utama tersebut haruslah mampu dan menunjukkan performa terbaik dalam mengatasi beban-beban baik dari RTG sendiri maupun dari lingkungan. Performa dari struktur sendiri direpresentasikan dalam keandalan/reliabilty. Dalam penelitian ini dilakukan assesment terhadap beberapa aspek pengujian, khususnya pada struktur utama. Mulai dari Pengujian NDT, pengambilan data elevasi, dan juga data output analisis dari software. Pendekatan dengan Unity Check (UC) didukung dengan data primer dan data pendukung yang diperoleh dari lapangan yang diselesaikan dengan software dengan data geometri struktur utama. Skenario yang dilakukan adalah dengan menghitung UC pada member girder dan column dengan memvariasikan beberapa nilai pembebanan mulai dari beban 0 %, beban 20 ton, dan beban 40 ton (swl). Pada girder, hasil analisa menunjukkan nilai 0,16 pada beban kosong, kemudian naik menjadi 0,28 pada beban 20 ton, dan naik lagi menjadi 0,46 pada beban 40 ton (swl). Pada column beban kosong didapatkan 0,12, kemudian menjadi 0,19 pada pembebanan 20 ton, dan naik lagi menjadi 0,26 pada beban 40 ton (swl). Dari analisa dapat disimpulkan bahwa, struktur utama RTG masih aman/andal karena nilai UC tidak lebih dari 1. Untuk penambahan pembebanan membuat nilai unity check semakin besar, hal itu disebabkan semakin besar beban, maka semakin besar tegangan yang muncul, sehingga nilai unity check semakin besar pula. Kata Kunci : Rubber Tyred Gantry, reliability, assesment, unity check, girder, column. Abstract RTG (Rubber Tyred Gantry) in its operations gain significant influence on the usage and environmental conditions. Such as affect the components of the structure, especially the main structure whose role is crucial. Construction of the main structure and be able to show the best performance in overcoming the burdens both of RTG itself and of the environment. The performance of the structure itself is represented in reliabilty. In this research, the assessment of some aspects of testing, particularly in the main structure. Ranging from NDT testing, data retrieval elevation, and also output data analysis software. Approach with Unity Check (UC) is supported by primary data and supporting data obtained in the field are solved by software with geometry data of the main structure. The scenario is by calculating the UC on the member girder and column by varying several loading values ranging from 0% load, load 20 tons, and 40 tons of load (SWL). On girder analysis results show the value of 0,16 on an empty load, then increase to 0.28 in the load 20 tons, and increase again to 0.46 at the load of 40 tons (SWL). In the column empty load obtained 0,12, then increase to 0.19 in the loading of 20 tons, and increase again until 0.26 on 40 ton load (SWL). From the analysis it can be concluded that, RTG main structure is still safe / reliable because the value of UC is not more than 1. For additional imposition create unity check greater value, it is because the larger the load, the greater the tension that arises, so that the value of unity check more great anyway. Keywords :Rubber Tyred Gantry, reliability, assesment, unity check, girder, column.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | ?? tddm ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email repository@ppns.ac.id |
Date Deposited: | 05 Sep 2018 03:20 |
Last Modified: | 05 Sep 2018 03:20 |
URI: | http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/346 |
Actions (login required)
View Item |