ANALISIS PENGARUH PEMOTONGAN DECK HOUSE TERHADAP STABILITAS CRANE BARGE X 150 FEET

PRASETYO, BAGAS AJI (2021) ANALISIS PENGARUH PEMOTONGAN DECK HOUSE TERHADAP STABILITAS CRANE BARGE X 150 FEET. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040034 - Bagas Aji Prasetyo - Analisis Pengaruh Pemotongan i Deck House _i terhadap Stabilitas i Crane Barge _i X 150 Feet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Crane barge adalah sebuah barge atau kapal tongkang yang lengkap dengan fasilitas akomodasi yang juga dilengkapi dengan sebuah crane untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Untuk memenuhi kebutuhan penyewa, modifikasi merupakan salah satu cara untuk yang dipilih karena paling efisien. Modifikasi tersebut mengakibatkan perubahan berat sehingga stabilitas kapal juga mengalami perubahan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa mengenai perubahan stabilitas tersebut untuk mengetahui pengaruh modifikasi terhadap stabilitas kapal.Stabilitas tidak hanya dapat berubah karena adanya pengurangan beban di barge. Sistem ballas juga akan mempengaruhi titik pusat gravitasi dan stabilitas juga. Pada kenyataannya stabilitas barge harus mampu mengapung atau stabil pada kondisi laut riil. Jika barge sudah mampu stabil pada kondisi riil, barge pun layak melakukan kegiatan operasi didalamnya. Dalam analisa tugas akhir ini penulis akan menganalisa stabilitas barge setelah mengalami pemotongan pada deck house dengan menggunakan perangkat lunak autoCAD dan Maxsurf. Dari perhitungan yang telah dilakukan, pada kondisi Loadcase 1 (lightship) diperoleh nilai berat kapal sebesar 578,38 ton dan titik KG terletak 3,095 m dari baseline kemudian nilai GZ 4,697 meter. Pada loadcase 2 berat kapal sebesar 1771,29 ton dan titik KG terletak 2,355 meter dari baseline kemudian nilai GZ 1,556 meter. Pada loadcase 3 berat kapal sebesar 1292,178ton dan titik KG terletak 2,607meter dari baseline kemudian nilai GZ 2,731meter. Pada loadcase 4 berat kapal sebesar 1765,992 ton dan titik KG terletak 2,335 meter dari baseline kemudian nilai GZ 1,584meter. Pada loadcase 5 berat kapal sebesar 1286,878 ton dan titik KG terletak 2,58 meter dari baseline kemudian nilai GZ 2,762 meter. Pada loadcase 6 berat kapal sebesar 1747,192 ton dan titik KG terletak 2,263 meter dari baseline kemudian nilai GZ 1,681 meter. Pada loadcase 7 berat kapal sebesar 1275,478 ton dan titik KG terletak 2,522 meter dari baseline kemudian nilai GZ 2,839 meter. Dari hasil Analisa stabilitas tersebut dapat diketahui bahwa kondisi stabilitas pada crane barge setelah mengalami modifikasi memenuhi kriteria IMO code on intact stability A.749 (18), Ch 3 – design criteria applicable to all ships dan A.749(18) Ch 4 - Special criteria for certain types of ships

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5489/DC-17/2021 Lokasi TA : 569
Uncontrolled Keywords: Stabilitas, Crane Barge, Modifikasi, IMO
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:58
Last Modified: 22 Dec 2021 07:58
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item