ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI WING TANK KAPAL TANKER BERDASARKAN VARIASI JENIS PROFIL PENEGAR DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

ZAUHAR, MUHAMMAD ALIF (2021) ANALISIS KEKUATAN KONSTRUKSI WING TANK KAPAL TANKER BERDASARKAN VARIASI JENIS PROFIL PENEGAR DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040025 - Muhammad Alif Zauhar - Analisis Kekuatan Konstruksi i Wing Tank _i Kapal Tanker Berdasarkan Variasi Jenis Profil Penegar dengan Metode Elemen Hingga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji sekaligus memberikan kajian mengenai perbandingan kekuatan konstruksi wing tank kapal Tanker ‘259’ buatan PT PAL Indonesia untuk mengetahui jenis profil penegar yang efektif ditinjau dari nilai tegangan yang terjadi serta berat dan titik berat konstruksinya dalam rencana perubahan fungsi kapal tersebut. Metode analisis struktur yang digunakan pada penelitian ini adalah metode elemen hingga dengan pembebanan yang berasal dari beban hidrostatik dan beban dinamis sloshing akibat muatan. Hasil penelitian diperoleh berat konstruksi wing tank dengan jenis penegar bulb plate sebesar 14,285 ton dengan titik berat 4,861 m, equal leg angles dengan berat 15,331 ton dan titik berat 4,879 m, kemudian unequal leg angles dengan berat 14,648 ton dan titik berat setinggi 4,864 m dari baseline kapal. Besar tegangan maksimum yang dihasilkan dari beban uji hidrostatik yaitu 251,96 MPa pada varian jenis bulb plate, 257,54 MPa pada jenis equal leg angles dan 256,02 MPa untuk jenis unequal leg angles. Sedangkan dari pembebanan sloshing diperoleh tegangan maksimum pada varian jenis bulb plate sebesar 153,3 MPa, jenis equal leg angles sebesar 157,36 MPa dan unequal leg angles sebesar 156,54 MPa Tegangan maksimum terjadi secara konsisten pada lokasi pelat atau inner shell yang tidak ditumpu oleh penegar memanjang ataupun web frame.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5482/DC-17/2021 Lokasi TA : 562
Uncontrolled Keywords: Common Structural Rules, Kapal Tanker, Metode Elemen Hingga, Tegangan, Wing Tank
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:50
Last Modified: 22 Dec 2021 05:50
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item