PERANCANGAN SCISSOR LIFT TROLLEY SEBAGAI PENGEMBANGAN PRODUK RAIL MOVER YANG DIGUNAKAN DALAM PROSES PERGANTIAN REL LIGHT RAIL TRANSIT JABODEBEK

Setiawan, Ahmad Andrei (2021) PERANCANGAN SCISSOR LIFT TROLLEY SEBAGAI PENGEMBANGAN PRODUK RAIL MOVER YANG DIGUNAKAN DALAM PROSES PERGANTIAN REL LIGHT RAIL TRANSIT JABODEBEK. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040015 - Ahmad Andrei Setiawan - Perancangan i Scissor Lift Trolley _i Sebagai Pengembangan Produk i Rail Mover _i yang Digunakan Dalam Proses Pergantian Rel i Light Rail Transit _i Jabodebek.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada Penelitian ini dilakukan perancangan Scissor Lift Trolley yang digunakan sebagai alat bantu untuk mempermudah pengerjaan pada saat pergantian rel LRT. Alat tersebut merupakan pengembangan dari Rail Mover yang digunakan untuk mengangkat rel kereta pada umumnya. Scissor Lift Trolley memiliki beberapa bagian utama diantaranya girder, beam, kolom, scissor dan roda. Terdapat juga silinder hidrolik yang digunakan sebagai penggerak dari scissor tersebut. Dalam menyelesaikan penelitian ini, metode yang digunakan adalah Reverse Engineering. Analisa juga meliputi mekanisme pengoperasian alat tersebut, perhitungan kekuatan konstruksi yakni tegangan maksimal dan deformasi yang terjadi pada bagian utama saat alat mengangkat beban rel, kapasitas beban, serta jumlah alat yang ditentukan pada saat beroperasi. Pemodelan menggunakan bantuan software AutoCAD 2015 dan Autodesk Inventor Professional sedangkan analisis kekuatan konstruksi menggunakan software Ansys Workbench 18.1. Dari hasil rancangan dan analisis diperoleh ukuran scissor lift Trolley yaitu 3.000x2.520x2.470 mm dengan kolom yan mempunyai kapasitas sebesar 6,9 ton dan scissor sebesar 3,8 ton. Tegangan maksimal dan deformasi yang terjadi pada konstruksi girder sebesar 39,82 MPa dan 0,08 mm, pada konstruksi beam sebesar 23,22 MPa dan 0,83 mm, pada konstruksi kolom sebesar 141,18 MPa dan 1,56 mm, pada scissor sebesar 6,47 MPa dan 0,03 mm. Dapat disimpulkan mampu beroperasi dalam rentang tegangan dan deformasi yang diijinkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5475/DC-17/2021 Lokasi TA : 555
Uncontrolled Keywords: perancangan, pergantian rel, Rail Mover, Reverse Engineering.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Produksi Kapal (Ship Production)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D4 Teknik Perancangan dan Kontruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:44
Last Modified: 22 Dec 2021 03:44
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item