STUDI ANALISA STABILITAS dan GERAKAN CRANE BARGE AKIBAT PENAMBAHAN JACK UP TOWER dan SPUD

RAHMASARI, AYU (2021) STUDI ANALISA STABILITAS dan GERAKAN CRANE BARGE AKIBAT PENAMBAHAN JACK UP TOWER dan SPUD. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0117040003 - Ayu Rahmasari - Studi Analisa Stabilitas dan Gerakan i Crane Barge _i Akibat Penambahan i Jack Up Tower _i dan i Spud _i (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Crane barge adalah sebuah barge atau kapal tongkang yang lengkap dengan fasilitas akomodasi yang juga dilengkapi dengan sebuah crane untuk melaksanakan pekerjaan di lapangan. Spud adalah perangkat penambat ponton ke dasar perairan sungai atau laut. Dalam tugas akhir ini mengambil kasus dari sebuah crane barge yang sedang melakukan pengerjaan pengerukan di beberapa daerah yang berbeda, di mana dibutuhkan perlakuan berbeda dalam proses mooring, karena ketika mengeruk di lepas pantai dapat leulasa menurunkan jangkar, namun ketika mengruk di daerah pelabuhan, tidak dapat bebas menurunkan jangkar dikarenakan dapat menggangu lalu lintas kapal yang beroperasi di sekitarnya. Maka dari itu ditambahkan spud untuk menggantikan alat mooring kapal. Penambahan spud dan tower pada konstruksi mengakibatkan penambahan beban di atas kapal sehingga mengakibatkan bertambahnya sarat dari crane barge tersebut. Perhitungan stabilitas dilakukan menggunakan Maxsurf Stability, analisis seakeeping menggunakan Maxsurf Motions untuk mengetahui nilai MSI (Motion Sickness Incidence) dan MII (Motion Induced Interruption). Anlisis tesebut dilakukan dalam 4 keadaan yaitu, Quartering Sea, Beam Sea, Bow Sea, dan Head Sea. Serta dilakukan pada 6 ketinggian gelombang yaitu 1 meter hingga 6 meter.Berdasarkan hasil perhitungan dengan aplikasi Maxsurf, hasil yang didapat yaitu batasan tinggi gelombang maksimumnya adalah 3.7 meter. Pada gelombang 4 meter keatas, barge masuk dalam kategori kurang nyaman hingga tidak nyaman. Namun untuk gelombang 3 meter kebawah, barge termasuk dalam kategori nyaman dengan MSI yang tergolong dalam kategori Moderate dengan MII/h termasuk kategori Possible. Didapatkan hasil dari Maxsurf Stability semua kondisi nilai GZ telah memenuhi standar, dengan nilai GZ terendah sebesar 3.625 dengan nilai sudut oleng 18.2 deg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5464/DC-17/2021 Lokasi TA : 544
Uncontrolled Keywords: seakeeping, MII (Motion Sickness Incidence), MSI (Motion Induced Interruptions), stabilitas.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:32
Last Modified: 22 Dec 2021 02:49
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item