ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR PONDASI WINDLASS PADA KAPAL BANTU RUMAH SAKIT (BRS) 124 M

Jannah, Aprilia Ina Miftaqhul (2021) ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR PONDASI WINDLASS PADA KAPAL BANTU RUMAH SAKIT (BRS) 124 M. Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0118030022 - Aprilia Ina Miftaqhul Jannah - Analisis Kekuatan Struktur Pondasi i Windlass _i pada Kapal Bantu Rumah Sakit 124 m.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Unsur pembentuk kekuatan yang harus dimiliki TNI-AL sebagai sistem utama pertahanan matra laut di Indonesia adalah kapal, salah satu jenisnya yaitu Kapal Bantu Rumah Sakit. Dalam operasinya, kapal tidak lepas dari aktivitas penambatan. Karenanya, keberadaan windlass sebagai fasilitas pendukung aktivitas lego jangkar menjadi penting. Galangan kapal harus merencanakan aspek-aspek untuk menjamin operasionalnya, salah satunya konstruksi pondasi windlass. Pondasi windlass harus memiliki kekuatan yang optimal dan efisien. Dengan pertimbangan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keoptimalan pondasi windlass yang digunakan Kapal Bantu Rumah Sakit, dengan menganalisis nilai tegangan maksimum, defleksi maksimum, dan safety factor. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan software AutoCAD dan Autodesk Inventor. Analisis dilakukan dengan memberikan variasi beban yaitu beban kapal dan beban lingkungan. Hasil simulasi akan dibandingkan dengan hasil perhitungan berdasarkan regulasi Lloyd’s Register Rules and Regulation dan Biro Klasifikasi Indonesia. Meninjau hasil simulasi akibat adanya beban kapal dan beban lingkungan ketika windlass sudut 0 o didapatkan tegangan maksimum 25,56 MPa, defleksi maksimum 0,01366 mm, dan safety factor 7,81. Adapun ketika windlass sudut 25 o didapatkan tegangan maksimum 23,29 MPa, defleksi maksimum 0,01346 mm, dan safety factor 8,58. Ukuran dan bentuk foundation girder memiliki tebal 15 mm dan luas 82,12 cm 2 , sedangkan ukuran dan bentuk bracket yaitu tebal 20 mm dan panjang 80 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5453/DC-18/2021 Lokasi TA : 533
Uncontrolled Keywords: pondasi windlass, tegangan maksimum, defleksi maksimum, safety factor, metode elemen hingga
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Konstruksi Kapal (Ship Construction)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:48
Last Modified: 22 Dec 2021 01:54
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3395

Actions (login required)

View Item View Item