PERANCANGAN INTEGRATED PROPELLER AND RUDDER (IPR) PADA SISTEM PROPULSI KAPAL OFFSHORE SUPPLY VESSEL 48 M GUNA EFISIENSI ALAT GERAK KAPAL (PROPULSOR)

PUTRA, DIMAS FIKTON MEYLA (2021) PERANCANGAN INTEGRATED PROPELLER AND RUDDER (IPR) PADA SISTEM PROPULSI KAPAL OFFSHORE SUPPLY VESSEL 48 M GUNA EFISIENSI ALAT GERAK KAPAL (PROPULSOR). Diploma thesis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

[img] Text
0118030018 - Dimas Fikton Meyla Putra - Perancangan i Integrated Propeller and Rudder _i (IPR) pada Sistem Propulsi Kapal i Offshore Supply Vessel _i 48 M guna Efisiensi Alat Gerak Kapal ( i Propulsor _i ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Minyak bumi dan gas Indonesia masih sangat potensial untuk diproduksi. Tidak hanya di daratan (onshore), potensi migas Indonesia juga tersebar di peraian laut lepas. Untuk itu diperlukan sebuah bangunan anjungan lepas pantai dan transportasi penunjang aktivitas eksplorasi migas tersebut. Salah satu transportasi yang menunjang kegiatan lepas pantai adalah kapal offshore supply vessel yang berperan dalam pengangkutan barang dan orang dari maupun menuju anjungan. Padatnya operasional kapal harus disertai dengan meningkatnya efisiensi sistem – sistem pada kapal. Salah satunya yaitu sistem propulsi kapal, dimana terdapat propulsor yang dapat dirancang dengan menambahkan konstruksi berupa torpedo diantara propeller dan daun kemudi atau biasa disebut dengan integrated propeller and rudder (IPR). Perancangan integrated propeller and rudder terdiri dari perancangan propeller, perancangan rudder dan perancangan hub torpedo yang menghubungkannya. Perancangan propeller dimulai dengan perhitungan tahanan kapal dengan metode Holtrop, penentuan mesin induk, pemilihan tipe propeller, persyaratan kavitasi, hingga engine propeller matching. Perancangan kemudi meliputi perencanaan luasan daun kemudi dan lengkung kemudi. Sedangkan perancangan hub torpedo meliputi perancangan diameter dan panjang hub dengan pertimbangan – pertimbangan sesuai rancangan propeller, rudder dan rencana umum kapal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya rancangan integrated propeller and rudder menggunakan propeller type B4-40 berdiameter 1,298 meter yang mempunyai efisiensi sebesar 51,8% dengan matching point saat kondisi trial terjadi pada 94,23% RPM menghasilkan 99,78% daya dan saat kondisi service terjadi pada 93,68% menghasilkan 99,76% daya dan rudder jenis balansir dengan luas daun kemudi sebesar 3 m vii 2 , luas balansir sebesar 0,6 m 2 , tinggi kemudi sebesar 2 m, lebar kemudi bagian atas sebesar 1,8 m, dan lebar kemudi bagian bawah sebesar 1,2 m dengan hub IPR berdiameter depan 0,26 m. diameter tengah 0,325 m, diameter belakang 0,098 m, dan panjang hub 1,080 m.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: No. Inventaris : 5449/DC-18/2021 Lokasi TA : 529
Uncontrolled Keywords: IPR, EPM, Propeller, Kemudi, Hub.
Subjects: DC - Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal > Desain Kapal (Ship Design)
Divisions: Jurusan Teknik Bangunan Kapal > D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
Depositing User: Unnamed user with email repository@ppns.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:29
Last Modified: 22 Dec 2021 01:40
URI: http://repository.ppns.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item